Senin, 18 Juni 2012

210. Apakah Yesus akan mewarisi tahta Daud (Lukas 1:32) atau tidak? (Matius 1:11; 1 Tawarikh 3:16 & Yeremia 36:30)

210. Clear Contradiction! ( 3 terakhir )

Apakah Yesus akan mewarisi tahta Daud (Lukas 1:32) atau tidak? (Matius 1:11; 1 Tawarikh 3:16 & Yeremia 36:30)

Tanggapan:
*Lukas 1:32,
Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

VERSUS

*Matius 1:11,
Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

*1 Tawarikh 3:16,
Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia.

*Yeremia 36:30,
Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam.

Yang harus kita pahami adalah, bahwa kelahiran Yesus bukanlah karena benih laki-laki, melainkan oleh Roh Kudus:

*Matius 1:20,
Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Jadi Yusuf bukanlah ayah kandung Yesus, melainkan sebagai legal father-Nya, yang sah secara hukum Yahudi.

Pun telah tahu dari CC sebelumnya (81, 82, 83, 84, 85, 86, 87) bahwa Matius menuliskan silsilah dari garis Yusuf, sedangkan Lukas dari garis Maria.

Yusuf selaku legal father-Nya Yesus merupakan keturunan Daud dari Salomo, kemudian dari garis Salomo ini kita menemukan nama Yoyakim, yang keturunannya tidak akan duduk di atas takhta Daud. Yusuf legal fathernya Yesus adalah keturunan Yoyakim. (bdk: Matius 1)

Tetapi Maria selaku ibu kandung Yesus, adalah keturunan Daud dari Natan, bukan dari Salomo dan Maria bukanlah keturunan Yoyakim. (bdk: Lukas 3).

Kekeluargaan leluhur Yusuf dan Maria terpisah dari keturunan Daud, di mana yang satu adalah dari keturunan Salomo (Yusuf), dan yang lain dari Natan (Maria).

Matius yang menulis silsilah Yusuf legal father Yesus, menjelaskan bahwa kelahiran Yesus bukanlah melalui benih laki-laki. Jadi, Matius menunjukkan bagaimana Yesus membebaskan diriNya dari masalah Yoyakhim, sehingga Ia dapat tetap duduk diatas takhta Daud!

Sebaliknya, Lukas yang menulis silsilah Maria, ibu kandung Yesus, menunjukkan bahwa Yesus merupakan keturunan Daud bukan dari garis Yoyakhim, dan oleh karena itu Ia berhak mewarisi takhta bapak leluhurNya, Daud.

Malaikat dalam Lukas 1:32 berkata "Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya",

Ini adalah penetapan Ilahi
dan bersama dengan garis badaniah, menjadikan Yesus satu-satunya ahli-waris yang benar untuk takhta Daud.

Nb:
1. CC: 81; 82; 83; 84; 85; 86; 87; 188. clearcontradiction-hsh.blopspot.com/?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar