Senin, 18 Juni 2012

212. Penyembahan Patung oleh umat Katolik KELUARAN 20:4 VS PATUNG BUNDA MARIA & YESUS. dalam kenyataannya di gereja2 sering dijumpai patung Bunda Maria dan atau Yesus, padahal dalam Matius 5:18 Yesus berkata: "...Sesungguhnya selam...nya terjadi." Mengapa Kristen merombak habis hukum Taurat?

212. Clear Contradiction! (TAMAT)

Penyembahan Patung oleh umat Katolik
KELUARAN 20:4 VS PATUNG BUNDA MARIA & YESUS.
dalam kenyataannya di gereja2 sering dijumpai patung Bunda Maria dan atau Yesus, padahal dalam Matius 5:18 Yesus berkata: "...Sesungguhnya selam...nya terjadi." Mengapa Kristen merombak habis hukum Taurat?

Tanggapan:
*Keluaran 20:4,
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Bandingkan dgn suruhan Tuhan membuat patung:

*Keluaran 25:18,
Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. (CC. 30)

Ayat 4 di atas (Kel.20) tidak berdiri sendiri, lihat kelanjutannya (ay.5):

*5,
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya.

Maka sebenarnya, membuat patung itu tak apa, jika tujuannya bukan untuk di sembah!

Seperti Kel. 25 di atas, di mana TUHAN menyuruh membuat patung, dan itu tidak bertentangan dengan Kel. 20, sebab tujuannya bukan untuk disembah.

Demikian pun umat Khatolik, yang memang memiliki patung namun patung itu bukan digunakan sebagai sesembahan.
Jika ada orang yang mengklaim bahwa umat Khatolik menyembah patung, hanya fitnah saja, sebab kenyataannya umat Khatolik sama sekali tidak menyembah patung. Silahkan saksikan langsung bagaimana prosesi ibadah Khatolik.

"Patung Yesus, patung bunda Maria & Yosef, serta patung para kudus, ..tidak pernah menjadi tuhan atau berhala. Patung tetap patung, yang membawa kedekatan hati, membantu penciptaan kerohanian yang baik, sakral, dan khusuk dalam berdoa kepada Allah. Dengan semua maksud baik itu, umat non-Katolik tidak perlu repot & khawatir.

Saya bisa mengerti, amat sulit bagi orang non-Katolik utk mengerti jalan pikiran apalagi nuansa kebatinan seorang Katolik dalam berkomunikasi dengan Allah.

Orang Katolik menggunakan salib yang ada patung Yesusnya, menggunakan rosario, memiliki 7 sakramen, memiliki doa salam Maria, dan sebagainya. Tetapi ketidakmengertian itu, jangan lantas membuat kecurigaan dan
penilainan yang tidak perlu. Sering saya umpamakan, seseorang tidak akan mengerti tata letak rumah tetangganya, melebihi sang tuan rumah sendiri.

Gereja Katolik selalu berusaha hidup seturut kehendak Tuhan lewat firman-firmanNya. Ttg patung ini pun, gereja Katolik seseungguhnya tidak menyalahi firman Tuhan."

"Sampai hari ini, bangsa Yahudi paling tabu dengan yang namanya patung (Ibrani: FESEL, fê-sâmekh-lâmed), terbuat dari kayu/batu, baik yang dibuat untuk kepentingan seni, apalagi jika yang dimaksud adalah untuk penyembahan (berhala). Oleh karena itu, tidak akan ditemukan yang namanya monumen berupa apa saja yang dibuat oleh bangsa Yahudi.

Keserupaan, Ibrani TEMÛNÂH, tâv-mêm-nûn-vâv-hê', berarti apa saja yang serupa, dalam bentuk apa saja, gambar, lukisan, dan sebagainya; baik yang di langit (malaikat, matahari, bulan, bintang, termasuk unggas/burung); di bumi (kerbau, kambing, kucing, anjing,..); di laut (ikan, dan mungkin pula ... kapal selam, dan seterusnya). Benda-benda yang menyerupai ini pun tidak boleh dibuat.

Jika dunia mematuhi mitsvot (dari rabi Yahudi) ke-312 dan 313 (ttg pelarangan membuat patung biar bukan untuk disembah), niscaya segala foto dan lukisan yang ada harus dimusnahkan, bahkan mata uang baik uang kertas maupun uang logam bergambar pun tidak boleh digunakan.

Sampai sejauh itukah pengertian Keluaran 20:4?
Jika dipotong pada ayat ke-4 saja, maka demikianlah maknanya, tetapi ayat ini masih punya kelanjutannya yaitu ayat 5.

"Benarkah bangsa Israel tidak pernah membuat patung?

Ternyata mereka pernah membuat kerub dari emas di atas tabut perjanjian (Kel. 25:18 dan ayat2 lainnya), bahkan kita pun menemukan di Alkitab, raja Salomo mengukir kerub baik di dinding maupun di pintu, termasuk lukisan pohon korma, lembu-lembu.

Apakah tindakan ini bertentangan?"

"Inti dari Keluaran 20:4 adalah penyembahan berhala, bukan larangan untuk membuat dan/atau menyimpan patung, lukisan, dan foto sebagai karya seni."

Alasan pembuatan patung dalam Gereja Katolik adalah sebagai simbol atas sosok yang diistimewakan melalui patung tersebut. Patung itu sendiri tidak diistimewakan, sosok yang diwakilinyalah yang diistimewakan.

Sebagai contoh,
Seseorang menyimpan foto orang lain yang dikasihinya. Tentunya yang dikasihi bukanlah foto itu sendiri melainkan pribadi yang diwakili melalui foto tersebut.

Contoh lainnya adalah warga negara suatu bangsa amat menghormati bendera bangsanya, jika bendera itu diinjak2 banga lain, warga negara itu akan marah. Tentunya dia marah bukan atas nasib benderanya sendiri melainkan atas penghinaan terhadap sosok yang diwakili bendera itu, yaitu bangsanya sendiri.

Dengan demikian, pembuatan patung sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menjadikan patung itu sebagai objek penyembahan, melainkan hanya sebagai simbol atas sosok yang diistimewakan.

SELESAI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar