Jumat, 20 April 2012

14. Berapa pasang hewan yang harus dibawa ke atas bahtera Nuh?

14. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Berapa pasang hewan yang harus dibawa ke atas bahtera Nuh?
a. Satu pasang dari segala hewan tanpa kecuali (Kejadian 6:19-22, 7:8-9, 7:14-16)
b. Tujuh pasang dari segala hewan yang tidak haram dan sepasang dari segala hewan yang haram (Kejadian 7:2-5)

Tanggapan:
Tuduhan aneh lagi! Pasal 6 sama sekali tidak menyebutkan bilangan apapun (berapa) untuk jenis binatang yang 'tidak haram' dan 'haram'. Pasal 6 hanya mengatakan "satu pasang" yang berarti ada jantan dan ada betina, tidak mungkin Tuhan menyuruh membawa betina atau jantannya saja dalam misi pemusnahan (air bah) ini. Penuduh agaknya kurang teliti membaca definisi: "satu pasang" (yang berarti cowok dan cewek) di sini, padahal ada disebutkan.

Sedangkan pasal 7 secara khusus memisahkan antara binatang yang haram dan yang tidak haram!

* Kejadian 6:19-20,
19 Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa.
Hebrew,
וּמִכָּל־הָחַי מִכָּל־בָּשָׂר שְׁנַיִם מִכֹּל תָּבִיא אֶל־הַתֵּבָה
לְהַחֲיֹת אִתָּךְ זָכָר וּנְקֵבָה יִהְיוּ׃
Translit, UMIKÂL-HÂKHAY MIKOL-BÂSÂR SYENAYIM MIKOL TÂVÏ' 'EL-HATÊVÂH LEHAKHAYOT 'ITÂKH ZÂKHÂR UNEQÊVÂH YIHYU.
20 Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya.
Hebrew,
מֵהָעֹוף לְמִינֵהוּ וּמִן־הַבְּהֵמָה לְמִינָהּ מִכֹּל רֶמֶשׂ הָאֲדָמָה
לְמִינֵהוּ שְׁנַיִם מִכֹּל יָבֹאוּ אֵלֶיךָ לְהַח
Translit, MÊHÂ'OF LEMÏNÊHU UMIN-HABEHÊMÂH LEMÏNÂH MIKOL REMES HÂ'ADÂMÂH LEMÏNÊHU SYENAYIM MIKOL YÂVO'U 'ÊLEYKHA LEHAKHAYOT

Satu pasang (Ibrani "SYENAYIM" (ay 19), harfiah dua); "ZÂKHÂR UNEQÊVÂH YIHYU" (ay 20), yaitu jantan dan betina, ayat ini belum menunjukkan jumlah, hanya membedakan kelamin.

Pada Kejadian 7:2, (melengkapi) agar Nuh membawa 7 pasang binatang yang tidak haram, dan 1 pasang saja untuk yang haram. Jelas tidak ada pertentangan.

* Kejadian 7:2,
Dari segala binatang yang tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, jantan dan betinanya, tetapi dari binatang yang haram satu pasang, jantan dan betinanya.

Jika Allah menyuruh membawa 7 pasang (harfiah: 2 ekor), maka semua hewan tidak haram yang dibawa oleh Nuh ada sebanyak 14 ekor. Sedangkan untuk yang haram hanya 1 pasang (harfiah: 2 ekor).

NB:
1. Untuk memperkuat argumennya, penuduh menyebutkan bahwa dalam Kej. 7:8-9 menuliskan; masuknya binatang tersebut ke dalam bahtera secara sepasang-sepasang. Namun pada nas ini tidak bicara mengenai sepasang-sepasang binatang yang masuk ke dalam bahtera, melainkan hanya menyebutkan bahwa pasangan binatang yang tidak haram dan haram, burung-burung . . . , masuk ke dalam bahtera. Jantan dan betina (ay. 8-9).

2. Dibawanya 7 pasang dari binatang yang tidak haram itu agar nanti ada binatang-binatang untuk dikorbankan. (Kejadian 8:20) Seandainya binatang-binatang yang tidak haram itu tidak lebih dari satu pasang, tentu mereka punah setelah mereka dipersembahkan di mezbah. Sedangkan untuk binatang-binatang dan burung-burung yang haram, satu pasang saja sudah cukup karena mereka tidak diperlukan sebagai korban bakaran.

2 komentar:

  1. Menurut pengertian yg saya dapatkan, jumlah 7 pasang binatang yg tdk haram bukan hanya bertujuan utk dipakai sbg persembahan di pasal 8, tp juga utk memelihara kehidupan mereka semua selama kurang lebih setahun "terkurung" di dalam bahtera (ps 6 ayat 21)...

    BalasHapus
  2. Yg menjadi pertanyaan adalah mengenai kalimat haram dan halal.nabi Nuh blm mengenal hukum haram dan halal.mohon penjelasan

    BalasHapus