Jumat, 20 April 2012

24. Berapa anak-anak Benyamin?

24. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Berapa anak-anak Benyamin?
a. 10 orang (Kejadian 46:21)
b. 5 orang (Bilangan 26:38-39)
c. 3 orang (I Tawarikh 7:6)
d. 5 orang (1 Tawarikh 8:1-5)

Komentar; Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama baik nama maupun jumlahnya.

Tanggapan:
Obsen pertentangan yang dimaksud oleh penuduh tidak semuanya berbicara soal keturunan Benyamin.

Baiklah kita mengetahui latarbelakang setiap perikop yang dimaksud bertentangan oleh penuduh:

* Kejadian 46:21, (a)
Anak-anak Benyamin ialah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared.

Dengan membaca perikopnya (keseluruhan) secara lengkap, kita tahu bahwa di sini berbicara ketika perjalanan Israel (Yakub) dan anak-anaknya ke Mesir, mendatangi Yusuf. Sekitar abad 22 semenjak manusia diciptakan.

* Bilangan 26, (b)
38 Bani Benyamin, menurut kaum mereka, ialah: dari Bela kaum orang Bela; dari Asybel kaum orang Asybel; dari Ahiram kaum orang Ahiram;
39 dari Sefufam kaum orang Sefufam dan dari Hufam kaum orang Hufam.
40 Dan anak-anak Bela ialah Ared dan Naaman; dari Ared kaum orang Ared dan dari Naaman kaum orang Naaman.
41 Itulah bani Benyamin menurut kaum mereka, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah empat puluh lima ribu enam ratus orang.

Latar belakang perikop ini ketika keluarnya bangsa Israel dari Mesir. Allah menyuruh Musa menghitung jumlah mereka, beserta kaum mana saja yang berumur 20 tahun ke atas (ay. 4). Jelas ini bukan soal daftar anak-anak Benyamin, melainkan jumlah kaum dari suku Benyamin yang keluar dari Mesir sewaktu itu.

* 1 Tawarikh 7:6, (c)
Anak-anak Benyamin ialah Bela, Bekher dan Yediael, tiga orang.

Tentang suku-suku selebihnya yang berada di seberang sungai Yordan. Sekaligus mengenai jumlah anggota militer --kepala puak, pahlawan...-- lihat ayat ini,

* 1 Tawarikh 7:9,
Mereka yang terdaftar dalam silsilah, menurut keturunan mereka, sebagai kepala-kepala puak mereka, pahlawan- pahlawan yang gagah perkasa, ada dua puluh ribu dua ratus orang.

Dan yang terakhir, barulah keseluruhan dari keturunan Benyamin disebutkan,

* 1 Tawarikh 8, (d)
1 Benyamin memperanakkan Bela, anak sulungnya, Asybel, anak yang kedua, Ahrah, anak yang ketiga,
2 Noha, anak yang keempat dan Rafa, anak yang kelima.
3 Anak-anak Bela ialah Adar, Gera, Abihud,
4 Abisua, Naaman, Ahoah,
5 Gera, Sefufan dan Huram.

Ayat keturunan Benyamin tidak terhenti sampai di situ.

Jadi kesimpulannya, obsen (b) dan (c) tidak berbicara soal anak-cicit, melainkan kaum-kaum dari suku Benyamin yang disebut secara khusus. (b) tentang kaum yang keluar dari negeri Mesir dan (c) tentang anggota militer dari kaum Benyamin,

Dan obsen (a) dan (d) itulah baru mengenai keturunan Benyamin. Dalam (a) hanya menyebut 10 jiwa, sedangkan (d) lebih dari 10. Ini tidaklah bertentangan, mengingat latar belakang cerita, tentang keturunan Benyamin yang ada di Mesir "saat itu", dan kitab Tawarikh yang ditulis ratusan tahun setelah itu menyebutnya secara lebih up to date. Jadi di sini kita berbicara masalah waktu, misalkan kalau pada hari ini Yakub hanya punya satu anak, yaitu Ruben. Tetapi tiba-tiba kita meloncat pada Pasal lain dan membaca anak-anak Yakub kini sudah berjumlah 12. Tentu di sini ketelitian dan kecermatan yang harus kita gunakan.

Sebab tentu saja seiring dengan berjalannya waktu, keturunan/anak Benyamin bisa saja bertambah juga. Benyamin mau pun anak, cucu dan cicitnya pastinya menghasilkan keturunan lagi ketika Yakub sudah ada di Mesir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar