Jumat, 20 April 2012

18.Berapa lama keturunan Abraham diperbudak?

18. Contradiction Cleared Up!

Berapa lama keturunan Abraham diperbudak?
a. 400 tahun (Kejadian 15:13, Kisah 7:6)
b. 430 tahun (Keluaran 12:40-41)

Tanggapan:
Kejadian 15:13 dan Kisah 7:6 (a) memberikan angka pembulatannya; empat ratus tahun. Ini merupakan pembulatan dari angka 430 tahun, sebagaimana yang ditulis di obsen (b), Kel. 12:40-41.

Tentang angka-angka, ada beberapa kisah dalam Alkitab yang juga ditulis pembulatannya, contoh:

* 2 Raja-raja 24:8,
Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.

* 2 Tawarikh 36:9,
Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

Jelas bahwa tiga bulan dalam kitab Raja-raja adalah pembulatan atau penulisan secara genap dari tiga bulan sepuluh hari sebagaimana ditulis dalam Kitab Tawarikh.

Dapat diilustrasikan dengan lama penjajahan Belanda di Indonesia, ada yang mengatakan 'tiga setengah abad' dan ada pula yang menulisnya lebih lengkap, tiga abad plus sekian tahun sekian bulan sekian hari.

Ada yang mengatakan bahwa wanita hamil selama sembilan bulan, ada yang menambahkannya menjadi sembilan bulan sepuluh hari.

Umur jika disebut kalimatnya tidak dibesar-besarkan, hanya pembulatan saja, tidak menambahkan lewat berapa bulan, hari, jam, menit, detik. 15 tahun misalnya (pembulatan), tidak akan salah jika kemudian ada yang mengatakan secara detail '15 tahun lewat 3 bulan lewat 12 hari'.

Selain bersifat "antropomorf", Alkitab juga terkesan membulati angka-angka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar