Jumat, 20 April 2012

4. Kejadian 1:12-31 vs Kejadian 2:5-9,

4. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Kejadian 1:12-31 vs Kejadian 2:5-9, Yang lebih dulu diciptakan, tumbuhan atau manusia?

Tanggapan:
Mungkin maksudnya: Kejadian 1:12-31 VS Kejadian 2:9

Baik, seperti yang sudah dijelaskan pernah (MTK 2 dan 3), bahwa pasal 1 hanya sekedar membuat daftar penciptaan saja, misal dalam pasal 1 hanya dikatakan Allah membuat manusia sesuai gambar-Nya tanpa menjelaskan asal-usulnya (prosesnya), tetapi di pasal 2 secara khusus hadir untuk menjelaskan penciptaan manusia
itu, bahkan secara lebih detail lagi menjelaskan penciptaan perempuan.

Lihat saja ayatnya langsung:

* Kejadian 1:27,
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Hanya berupa daftar saja tanpa unsur penjelasan. Bandingkan dengan Pasal 2 yang menjelaskan tentang proses penciptaan manusia dan proses penciptaan perempuan:

* Kejadian 2,
7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Tentang Kejadian 2:9, "Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, . . . ."

Sebenarnya, penciptaan "tumbuhan-tumbuhan" disini secara khusus terjadi di sebuah taman yang bernama Eden yang letaknya disebelah timur bumi tempat di mana manusia Adam ditempatkan,

* Kejadian 2:8,
Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya.

Jadi Allah juga menumbuhkan tumbuhan-tumbuhan di Taman Eden. Kejadian 2 di sini secara khusus bercerita tentang taman yang ditempat tinggali oleh Manusia, di mana Allah bermaksud melengkapi segala kebutuhan Manusia, termasuk memberi seorang penolong yang sepadan dengan dia, yaitu perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar