Jumat, 20 April 2012

25. Siapakah anak sulung Allah Israel?

25. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Siapakah anak sulung Allah Israel?
a. Israel (Keluaran 4:22)
b. Efraim (Yeremia 31:9)

Tanggapan:
* Keluaran 4:22, (a)
Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung;

* Yeremia 31:9, (b)
Dengan menangis mereka akan datang, dengan hiburan Aku akan membawa mereka; Aku akan memimpin mereka ke sungai-sungai, di jalan yang rata, di mana mereka tidak akan tersandung; sebab Aku telah menjadi bapa Israel, Efraim adalah anak sulung-Ku.

Kita baca dulu pada Kejadian 48:14,

Tetapi Israel (Yakub) mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye - jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung.

Pada Kejadian 48:14 menuliskan bahwa Efraim adalah anak (keturunan langsung) dari Yakub (Israel) yang menerima hak kesulungan. Kejadian ini mengulang kisah Yakub (Israel) dengan Esau. Di mana yang bungsu menerima hak kesulungan (Israel, Efraim) dan begitu juga dengan Ismael dan Ishak.

Dikisahkan, bahwa Israel menerima Hak Kesulungan dan kemudian pada saat Israel uzur Hak Kesulungannya dilimpahkan kepada Efraim salah satu anak lelaki Yusuf, karena sekali lagi walau pun Ruben merupakan yang tersulung tetapi kesulungannya telah diberikan kepada Yusuf (Raja Mesir) atas dosa Ruben karena telah meniduri gundik ayahnya, sekali pun Yusuf diangkat menjadi anak sulung tetapi yang mengetuai suku adalah Yehuda (Yahudi) keluarga raja Daud, Raja ke-2 Israel setelah Saul (Raja ke-1) dari suku Benyamin (anak bungsu/terakhir Yakub).

NB:
1. Alkitab tidak hanya berisi tentang perintah dan larangan dari Tuhan. Tetapi juga lengkap menceriterakan kejadian-kejadian yang terjadi oleh tokoh-tokoh di dalamnya. Dan dalam memahami ceritanya, pasti diperlukan ketelitian. Karena di sini konteksnya "bercerita"maka tidak bijak kalau kita hanya mengambil satu ayat tanpa membaca persitiwa di pertengahan kisah itu. Misalkan kalau pada hari ini Yakub hanya punya satu anak, yaitu Ruben. Tetapi tiba-tiba kita meloncat pada Pasal lain dan membaca anak-anak Yakub kini sudah berjumlah 12. Tentu di sini ketelitian dan kecermatan yang harus kita gunakan.

1 komentar: