Jumat, 20 April 2012

30. Bolehkah buat patung ?

30. MEMBERSIHKAN TUDUHAN KONTRADIKSI!

Bolehkah buat patung ?
a. Jangan membuat patung (Keluaran 20:4; Imamat 26:1; Ulangan 27:15)
b. Perintah membuat patung (Keluaran 25:18; 1 Raja 7:15, 16, 23, 25)

Tanggapan:

Pada Keluaran 20:4, memang mengatakan jangan membuat patung, tetapi jika tujuannya untuk disembah sebagaimana bunyi ayat selanjutnya, jadi ayat 4 tidak berdiri sendiri.

* Kejadian 20,

4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun ....

5 Jangan sujud menyembah kepadanya .....

Sedangkan perintah dalam Keluaran 25:18 adalah dalam rangka membuat “ARK OF THE COVENANT” atau TABUT PERJANJIAN. Tidak ada tertulis umat Tuhan menyembah patung cherubim itu.

Demikian pula dalam Kitab 1 Raja-raja 7:13-51 adalah berkaitan dalam pembangunan BAIT SUCI, bukan menyembah bait-sucinya atau benda-benda yang ada di dalamnya, melainkan membangun suatu tempat yang digunakan untuk penyembahan kepada YAHWEH, Elohim. Haleluya!

NB:

1. Keluaran 20:4 tidak berdiri sendiri, kita harus membaca juga ayat ke-5 nya. Maka dapat disimpulkan, bahwa Tuhan tidak menghendaki kita membuat patung/gambar/lukisan/koin jika tujuannya untuk disembah.

2. Simbol kadang-kadang dibutuhkan dalam suatu persatuan. Entah itu secara simbolis mau pun simbolik. Dalam ibadah, kekristenan tidak diajarkan untuk menyembah patung yang merupakan salah satu simbolik mereka. Sebab patung/gambar spiritual dalam ibadah kekristenan dimaksudkan hanyalah sebagai pendekatan iman kepada Tuhan. Dan walau bagaimana pun kekristenan sama sekali tidak mengidolakan patungnya melainkan sosok dibelakang itulah yang diidolakan. Contohnya foto, tentu saja yang Anda idolakan bukan fotonya melainkan sosok dibalik foto tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar