Jumat, 20 April 2012

32. Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ?

32. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ?
a. Babi hutan (Imamat 11:7, Ulangan 14:8)
b. Babi (Yesaya 66:17)

Tanggapan:
Pejelasannya sama seperti MTK 31 barusan, antara babi dan babi hutan adalah hasil terjemahan dalam kata yang sama, yaitu kata KHAZIR.

Alasan terdapatnya perbedaan terjemahan dalam kata yang sama, karena LAI menerjemahkannya sesuai dengan keadaan dalam perikop tersebut, diterjemahkan menjadi 'babi hutan', karena saat itu bangsa Israel sedang dalam pengembaraan di padang pasir, jadi tidak mungkin ada ternak babi.

Setelah bangsa ini menetap di Palestina, kata KHAZIR diterjemahkan dengan babi saja misalnya dalam Amsal 11:22, Yesaya 65:4, 66:3, dan lain-lain.

Penerjemah tidak asal menerjemah, mereka selalu berusaha untuk meneliti kata yang lebih tepat untuk penerjemahannya. Tidak berbeda jauh antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, karena kita tidak akan menerjemahkan: 'menanam nasi di sawah', jika kita menemukan kata rice.

Dalam bahasa Indonesia, rice bisa berarti "padi" dan "nasi". Nah, silahkan teliti kata apa yang lebih tepat di sini:

a. Menanam rice (nasi) di sawah
b. Menanam rice (padi) di sawah

Kemudian, bandingkan dengan tuduhan di atas. ;)

NB:
1. Pengharaman pada kasus ini,  merupakan perintah Taurat yang ditujukan kepada umat Perjanjian Lama (Yahudi), sedangkan kita, orang Kristen, merupakan umat Perjanjian Baru yang darimananya kita tidak mengenali dan tidak juga tunduk pada Hukum Taurat. Penjelasan lebih lanjut, silahkan baca di sini

2 komentar:

  1. Jadi kalo tidak mengikuti hukum Taurat, maka kristen bkn pengikut Yesus.
    Kenapa?
    Karena Yesus sendiri adalah keturunan israel , menjalankan hukum Taurat dan bahkan menggenapinya.
    Gmn bos?

    BalasHapus
  2. kristen artinya pengikut kristus/yesus. klo udah ikut yesus mk kt cukup melaksanakan apa yg yesus ajarkan....dan yesus tidak melarang mkn babi. (pdhal yesus org israel dan gak mkn babi dan penggenap hk taurat)

    BalasHapus