Jumat, 20 April 2012

26. Bagaimana mungkin ahli sihir di Mesir dapat mengubah air menjadi darah (Keluaran 7:22) jika semua air di Mesir telah diubah oleh Musa dan Harun? (Keluaran 7:20-21)

26. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Bagaimana mungkin ahli sihir di Mesir dapat mengubah air menjadi darah (Keluaran 7:22) jika semua air di Mesir telah diubah oleh Musa dan Harun? (Keluaran 7:20-21)

Tanggapan:
* Keluaran 7:22,
Tetapi para ahli Mesir membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu mantera mereka, sehingga hati Firaun berkeras dan ia tidak mau mendengarkan mereka keduanya seperti yang telah difirmankan TUHAN.

* Keluaran 7:20-21,
20 Demikianlah Musa dan Harun berbuat seperti yang difirmankan TUHAN; diangkatnya tongkat itu dan dipukulkannya kepada air yang di sungai Nil, di depan mata Firaun dan pegawai-pegawainya, maka seluruh air yang di sungai Nil berubah menjadi darah;
21 matilah ikan di sungai Nil, sehingga sungai Nil itu berbau busuk dan orang Mesir tidak dapat meminum air dari sungai Nil; dan di seluruh tanah Mesir ada darah.

Pertanyaan ini agak lucu. Tentu saja Musa dan Harun tidak mengubah seluruh air seperti yang dikatakan penuduh, melainkan hanya air di sungai Nil (perhatikan ayat 20). Jadi masih tersedia banyak air yang dapat digunakan oleh ahli sihir Firaun.

Kita dapat mengetahui hal ini pada ayat berikutnya (ayat 24) yang menyebutkan, "Tetapi semua orang Mesir menggali-gali di sekitar sungai Nil mencari air untuk diminum, sebab mereka tidak dapat meminum air sungai Nil".

Jadi, dimanakah sulitnya untuk para ahli sihir melakukan hal yang mirip dengan Musa dan Harun?

Dalam hal ini, penuduh bukan saja tidak membaca seluruh konteks, tetapi juga telah mengartikan ayat ini dengan tidak semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar