Jumat, 20 April 2012

6. Kejadian 1:27 vs Kejadian 2:18, 23.

6. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Kejadian 1:27 vs Kejadian 2:18, 23, Adakah lelaki dan perempuan dicipta setaraf?

Tanggapan:
* Kejadian 1:27,
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

VS

* Kejadian 2:18, 23,
18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."
23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Mana? Tidak ada pertentangan!
Sebagaimana yang kita ketahui dari kemarin bahwa Kejadian pasal 1 adalah daftar dari segala yang telah diciptakan Tuhan. Sedangkan pasal 2 hadir sebagai pengurai/penjelas.

Di pasal 2 inilah kita mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penciptaan manusia, dimana manusia Adam diciptakan dari debu dan manusia Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam.

Allah mempunyai maksud dalam penciptaan Perempuan adalah sebagai "penolong yang sepadan" dan setaraf, itulah mengapa Allah mengambil dan menciptakan Perempuan dari 'rusuk' Adam.

Kenapa bukan mengambil dari bagian kepala? Bisa jadi, perempuan akan berkuasa atas Adam.

Dan kenapa juga bukan mengambil dari bagian kaki? Allah tidak merancang Perempuan sebagai tempat injakan laki-laki.

Perempuan adalah penolong yang “sepadan” bagi laki-laki. Allah sudah merencanakan sesuatu yang mulia. Allah tidak menempatkan kaum perempuan lebih rendah daripada laki-laki. Haleluya!

1 komentar: