Jumat, 20 April 2012

5. Kejadian 1:20, 23 vs Kejadian 2:7, 19.

5. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Kejadian 1:20, 23 vs Kejadian 2:7, 19. Yang lebih dulu diciptakan hewan atau manusia?

Tanggapan:
* Kejadian 1,
20 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala." ...
23 Jadilah petang dan jadilah pagi,.itulah hari kelima.

 VS

* Kejadian 2:7, 19,
7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Di bawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat ...

Sebagaimana penjelasan sebelumnya (MTK 4, red), bahwa pasal 2 di sini secara khusus berbicara tentang penciptaan di taman Eden.

Setelah Allah menciptakan manusia (hari keenam), Ia membuat taman di Eden di sebelah timur bumi sebagai tempat tinggal manusia yang diciptakan-Nya itu, lalu mendandani taman itu dengan berbagai tanaman-tanaman dan hewan-hewan.

NB:
1. Mengapa burung-burung dan ikan-ikan diciptakan pada hari yang sama?

Para penafsir yang lebih tua menjelaskan atas dasar persamaan kedua kelompok tersebut, sirip tampak seperti sayap. Namun, mungkin disebabkan karena kenyataan bahwa Penciptaan berlangsung dari yang lebih rendah kepada yang lebih tinggi; ikan dan burung menempati tempat yang lebih rendah pada skala kehidupan dibanding binatang-binatang darat, khususnya mamalia.

2. Mengapa penciptaan binatang-binatang darat dan manusia terjadi pada hari yang sama?

Sebagian penafsir menjelaskan bahwa wujud manusia, rupa jasmanianya, berasal dari bumi sama dengan binatang (sama-sama dari tanah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar