Jumat, 20 April 2012

2. Kejadian 1:11-12 ; 26-27 vs Kejadian 2:5.

2. MENJAWAB TUDUHAN KONTRADIKSI!

Kejadian 1:11-12; 26-27 vs Kejadian 2:5. Yang lebih dulu di ciptakan; pohon atau manusia?

Tanggapan:
* Kejadian 1:11-12; 26-27,
11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuhan-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian.
12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

VS

* Kejadian 2:5,
belum ada semak apa pun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apa pun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu;

Jelas sekali, bahwa yang di ciptakan lebih dulu adalah tumbuhan (hari ke-3, ay. 13), dan manusia pada hari-hari berikutnya (hari ke-6, ay. 31).

Kejadian pasal 1, adalah catatan (daftar) tentang penciptaan alam semesta, dunia, dan segala isinya. Sebaliknya, pasal ke-2 memberi rincian lebih lanjut (mendetail).

Dalam pasal pertama, tidak menjelaskan bagaimana Adam diciptakan tetapi di pasal yang kedua menjelaskannya lebih lanjut bahwa Adam diciptakan dari debu, di pasal 2 juga menceritakan/memberitahukan keadaan dan lokasi lingkungannya, penciptaan perempuan Hawa yang lebih detail --dalam pasal pertama kita melihat penciptaan Adam dan Hawa yang tidak terjelaskan, namun pada pasal ke-2 barulah dijelaskan bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam (2:21).--

Artinya, yang kedua melengkapi yang pertama (menjelaskan lebih detail). Dan tidak bertentangan sama sekali.

Dalam pasal 2 sendiri, memberitahukan bahwa pada masa penciptaan langit dan bumi belum ada semak (kosong, sebagaimana yang dikatakan pada 1:2), lalu Tuhan pun menciptakannya, setelah penciptaan tumbuh-tumbuhan pada ayat 7 dijelaskan penciptaan Adam (manusia).

Aneh, sebab baik pasal 1 mau pun pasal 2 sama-sama mengatakan bahwa tumbuh-tumbuhan lebih dulu diciptakan, lantas atas dasar apa penuduh menanyakan: "Yang lebih dulu di ciptakan; pohon atau manusia?" sembari menunjukkan kedua pasal di atas bertentangan?

Mungkin, penuduh hanya sampai membaca pasal 2:5 saja, dan mencoba menggabungkan dengan pasal 1, padahal kehadiran pasal 2 di sini adalah sebagai pengurai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar