Minggu, 27 Mei 2012

108. Bagaimana sikap Yesus ketika disalib?

108. Clear Contradiction!

Bagaimana sikap Yesus ketika disalib?
a. Pasrah dan lapang dada (Lukas 23:46).
b. Ketakutan (Markus 15:34; Matius 27:46).

Tanggapan:
*Lukas 23:46,
Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Versus :

*Markus 15:34,
Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

*Matius 27:46,
Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Lukas 23:46 tidak dapat dikatakan kontradiksi terhadap Kitab Markus dan Matius, karena kitab-kitab ini juga menulis hal yang sama tentang penyerahan nyawa, sbb :

*Matius 27:50,
Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

*Markus 15:37,
Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

Injil Yohanes-pun menulis hal yang sama.

*Yohanes 19:30,
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Mengenai seruan Yesus "Eli, Eli, lama sabakhtani?" sudah dijelaskan pada CC. 107! Haleluya!

Nb:
1. Ada 7 perkataan terakhir Yesus ketika di salib. Berikut Ketujuh Perkataan itu:

Perkataan pertama - ucapan pengampunan

*Lukas 23:34,
Yesus berkata: 'Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.' Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Perkataan kedua - ucapan keselamatan

*Lukas 23:43,
Kata Yesus kepadanya: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.'

Perkataan ketiga - ucapan kasih

*Yohanes 19:26-27,
26Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: 'Ibu, inilah, anakmu!'
27Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: 'Inilah ibumu!' Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

Perkataan keempat - ucapan penderitaan rohani

*Matius 27:46,
Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: 'Eli, Eli, lama sabakhtani?' Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?'

*Markus 15:34,
Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?'

Perkataan kelima - ucapan penderitaan jasmani

*Yohanes 19:28,
Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia-supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci-:'Aku haus!'

Perkataan keenam - ucapan kemenangan

*Yohanes 19:30,
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: 'Sudah selesai.' Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Perkataan terakhir - ucapan penyerahan.

*Lukas 23:46,
Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: 'Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.' Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar