Rabu, 09 Mei 2012

73. Berapa lama Yoyakhin menjadi raja di Yerusalem ?

73. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa lama Yoyakhin menjadi raja di Yerusalem ?
a. 3 bulan (2 Raja-raja 24: 8 )
b. 3 bulan 10 hari (2 Tawarikh 36: 9).

Tanggapan:
Pembulatan angka

* 2 Raja-raja 24:8, (a)
Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.

* 2 Tawarikh 36:9, (b)
Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

Ezra (penulis Kitab Tawarikh) cenderung menuliskan masa pemerintahan secara lebih detail dan spesifik. Berbeda dengan kitab Raja-raja (oleh Yeremia) yang cenderung membulatkannya saja.

Dapat diilustrasikan dengan lama penjajahan Belanda di Indonesia, ada yang mengatakan tiga setengah abad, tetapi ada juga yang mengatakan tiga setengah abad plus sekian tahun, sekian bulan, sekian hari, sekian jam (atau mungkin juga menit dan detiknya).

Pembulatan ini sering dijumpai dalam Kitab Raja-raja, sedangkan Kitab Tawarikh lebih cenderung menuliskannya secara rinci bahkan sering pula dibesar-besarkan. Ada yang mengatakan bahwa wanita hamil selama sembilan bulan, ada juga yang menambahkannya menjadi sembilan bulan sepuluh hari.

Hal ini wajar saja terjadi, sebab masing-masing penulis memiliki ciri khasnya masing-masing.

Apalah untungnya bagi orang Kristen atau pun Yahudi mengubah kedua bunyi firman di atas kalau selain karena seperti itulah kenyataan dan maksud dari penulis itu sendiri.

1 komentar:

  1. Itu artinya ayat tersebut bukan lagi firman dari Tuhan, tetapi hanya karangan penulis tersebut

    BalasHapus