Rabu, 09 Mei 2012

92. Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?

92. Contradiction Cleared Up!

Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?
a. Dua orang buta (Matius 20:29-30).
b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10:46).

Tanggapan:
* Matius 20:29-30,
Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: 'Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!'

* Markus 10:46,
Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan.

Kedua penulis, menuliskan cerita yang berbeda. Dan ternyata kota yang bernama Yerikho ada 2,

1. Kota tua Yerikho terletak pada bukit puing-puing Tell Es-Sultan.
2. Herodes Agung membangun lagi sebuah Yerikho baru -- disebut juga Yerikho Romawi -- sebagai tempat tinggalnya di musim dingin (sekarang Tulul Abu el-'Alayiq) di sebelah barat-daya kota yang tua.

Yang pertama Yesus sembuhkan adalah dua orang buta, dan setelah itu barulah Bartimeus. Alasan susunan kronologisnya demikian oleh karena ayat di bawah ini,

* Lukas 18:35,
Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis.

Dilihat dari percakapannya, orang yang dimaksud oleh penulis Lukas tidak lain adalah Bartimeus, sebagaimana yang ditulis oleh Markus. Dan tentu saja Yerikho yang hampir Yesus kunjungi adalah Yerikho lain lagi alias berbeda dengan kota Yerikho sebelumnya, karena penyembuhan oleh Bartimeus dikatakan Markus setelah Ia keluar dari Yerikho, sedangkan Lukas menyatakan hampir tiba di Yerikho.

Penjabarannya adalah saat itu Yesus sudah keluar dari kota Yerikho dan ketika hampir sampai di kota Yerikho yang lain, Ia menyembuhkan Bartimeus.

Sudut pandang dan gaya bahasa penulis wajar saja jika berbeda namun implikasi dan penjabaran dari keduanya tidaklah pernah bertentangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar