Minggu, 27 Mei 2012

157. Apakah Yesus tiga kali bolak-balik untuk berdoa (Matius 26:36-46; Markus 14:32-42) atau satu kali (Lukas 22:39-46) dari tempat murid-muridNya?

157. Clear Contradiction!

Apakah Yesus tiga kali bolak-balik untuk
berdoa (Matius 26:36-46; Markus 14:32-42)
atau satu kali (Lukas 22:39-46) dari tempat
murid-muridNya?

Tanggapan:
Seperti penjelasan yang sudah-sudah, bahwa kadangkala Injil-Injil memiliki maksud dan tujuan tersendiri dalam menceritakan cerita yang sama.

Ada yang menjelaskan hanya sekejap saja (contoh: perjalanan Yesus memikul salib-Nya tidak diuraikan oleh Yohanes, melainkan sekejap saja), ada juga yang malah menguraikan, topikal, kronologis, saling melengkapi dan lain-lain.

Keempat Injil yang kami miliki bukanlah Injil-Injil yang dari awal, pertengahan, hingga akhirnya itu semuanya dari kata, susunan, spasi, koma, titik, tanda seru, tanda tanya dan lain-lain!!! sama persis, melainkan sifat Injil kami adalah saling melengkapi dan dalam menuliskan ceritanya dengan gaya tertentu. Ada yang mendetail, ada juga yang merinci.

Untuk masalah di atas, jelas Injil Lukas tidak memfokuskan kepada berapa kali Yesus berbolak-balik, tetapi intinya ia juga menceritakan bahwa Yesus pergi berdoa. Dan bukan berarti bahwa kejadian Yesus berbolak-balik itu tidak terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar