Rabu, 09 Mei 2012

85. Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?

85. Contradiction Cleared Up!

Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?
a. Anak Hezron adalah Arni (Lukas 3: 33).
b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1: 3).

Tanggapan:
Harap baca dulu CCU. 82

Seperti yang kita ketahui, bahwa khusus nas ini LAI mengambil sumber yang salah pada Injil Lukasnya. Untuk Injil Lukas ini (versi LAI), LAI merujuk pada naskah Nestle/ K. Aland atau yang sering dikenal Westcott and Hort (WH) yang lebih tipis dibanding dengan naskah Sthepanus atau Textus Repectus (TR).

* Lukas,
TR, του αμιναδαβ του αραμ του εσρωμ του φαρες του ιουδα
Translit, tou aminadab tou aram tou esrôm tou phares tou iouda

Dalam TR, tidak ada disebut nama Arni. Ini sesuai dengan Alkitab versi Indonesia lain (KS-ILT) yang memilih menggunakan TR sebagai sumber terjemahannya.

Kesalahan naskah WH (manuskrip yang digunakan LAI) lebih nampak kalau kita membandingkan dengan silsilah yang tertulis di Perjanjian Lama,

* 1 Tawarikh 2:9, 10,
Anak-anak yang lahir bagi Hezron ialah Yerahmeel, Ram dan Khelubai. Ram memperanakkan Aminadab, dan Aminadab memperanakkan Nahason, pemimpin bani Yehuda.

Melalui ayat di atas, ternyata, Ram atau Aram adalah anak Hezron bukan Arni seperti Lukas versi LAI yang notabene bersumber dari naskah WH.

Nb:
1. Ada dua dari sekitar 24,000 salinan naskah yang populer dan sering dijadikan rujukan dalam menerjemahkan Alkitab, yaitu TR dan WH. TR disalin pada abad 7 masehi, sedangkan WH pada abad 4 masehi. LAI dalam menerjemahkan Alkitab-nya merujuk pada kedua naskah itu. Dan ayat di Alkitab LAI yang diberi [tanda kurung], ditujukan bahwa ayat itu ada pada naskah TR tetapi tidak ada pada naskah WH yang jauh lebih tipis.

Berbeda dengan LAI, Alkitab versi Indonesia lain seperti KS-ILT hanya memakai naskah TR, yang dikenal dan dipercayai sebagai naskah autographa (asli, orisinil). Sedangkan WH yang cenderung digunakan LAI dikenal sebagai Critical Text.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar