Rabu, 09 Mei 2012

71. Umur Raja Ahazia?

71. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Umur Raja Ahazia?
a. 22 tahun (2 Raja 8:26)
b. 42 tahun (2 Tawarikh 22:2)

Tanggapan:
Kesalahan terjemahan

* 2 Raja-raja 8:26, (a)
Ia berumur dua puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri raja Israel.

* 2 Tawarikh 22:2, (b)
Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.

Perlu diketahui bahwa penulisan dalam bahasa atau naskah asli tidak mencantumkan titik koma, sehingga tidak ada pemenggalan kalimat.

Untuk memahami ayat ini, mari kita pelajari berapa usia ayah Ahazia (Yoram) saat Ahazia naik tahta:

Ayah Ahazia bernama Yoram. Yoram mjadi raja pada usia 32 tahun, 8 tahun lamanya Yoram memerintah sebagai raja di Yerusalem. Di akhir pemerintahannya, Yoram ditulahi Allah dengan penyakit usus. Ada selama 2 tahun ia menderita dan kemudian mati. (2 Taw 21:20)

Yoram mati di usia 42 tahun. Terdapat perbedaan penyusunan kata-kata dari Kitab 2 Raja-raja dan 2 Tawarikh mengenai Ahazia. Jika dlihat dari bahasa asli dan mlihat usia Yoram serta kejadian seputar suksesi, berbunyi:

* 2 Tawarikh 22,
1 Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab.
2 Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda yang berusia empat puluh dua tahun, menjadi raja. Setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.

Jadi, yang berusia 42 tahun bukan Ahazia, melainkan Yoram, ayah dari Ahazia. Maksudnya adalah Ahazia menjadi raja saat Yoram brusia 42 tahun (yaitu saat dia mangkat).

5 komentar:

  1. tapi kenapa di web lain disebutkan bahwa itu adalah kesalahan salinan, bukan kesalahan penerjemahan?

    https://defendinginerrancy.com/bible-solutions/2_Kings_8.26.php

    dan di https://biblehub.com/2_chronicles/22-2.htm malah disebutkan di kedua ayat tsb umur yg sama yaitu 22thn.

    jd yg benar penjelasan yg mana?

    BalasHapus
  2. Tidak ilmiah. Bilang Yoram yang usianya 42 tahun? Hey baca dengan benar Usia Yoranm 32 tahun, menjadi raja 8 tahun. Lalu mati. 32+8=40. Sakitnya 2 tahun dihitung biar pas ya? Mati di usia 40. Orang mati bisa sakit? Dan semakin aneh mengatakan ketika sakit sudah tidak menjadi raja. Harusnya dia jadi raja 6 tahun.

    Dan coba baca 2 raja raja 8:25nya. Sangat jelas Dalam tahun ke 12 zaman Yoram, anak Ahab raja Israel, AHAZIA, anak Yoram.... Jangan sembarangan menyanggah. Memaksakan pendapat namanya.

    BalasHapus
  3. kontradiksi ya ttp aja,, ngapain dibersihkan. dibersihkan itu klo kotor, tp klo semrawut, lain ceritanya BOSS.

    BalasHapus
  4. Omri raja israel yang sangat terkenal bermusuhan dengan Madabah kerajaan yordan memerintah selama 12 tahun dinastinya digantikan oleh Ahab anaknya, lama pemerintahannya 22 tahun, usia dinastinya 34 tahun. Kemudian Yoram Raja Yehuda memerintah selama 8 tahun. Jadi 12+22+8=42 tahun. Saat dinasti berumur 42 tahun itulah ahazia menjadi Raja.

    BalasHapus