Rabu, 09 Mei 2012

81.a. Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?

81. Contradiction Cleared Up! (New!)

Pendahuluan:
'Contradiction Cleared Up! (New!)' atau berikutnya diberi nama 'Contradiction Cleared Up', sekarang adalah memasuki era Perjanjian Baru setelah selesai membersihkan tuduhan pada kontradiksi Perjanjian Lama.

Untuk memudahkan menemukan jawaban-jawaban yang pernah saya share di sini, secara terdaftar dan teratur untuk mengunjungi langsung blog saya, di sini:

clearcontradiction-hsh.blogspot.com/

= = =
81. Contradiction Cleared Up! (a)

Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?
a. Lukas menuliskan 21 nama dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham.
b. Matius tidak menuliskan satu nama pun dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham.

Apakah Tuhan tidak memberikan inspirasi Yesus kepada Matius ? Apakah Tuhan pilih kasih terhadap Lukas ? Padahal Lukas termasuk dalam daftar murid Yesus di Injil Matius 10:2-4.

Tanggapan:
Tidak ada yang bertentangan di sini, dan untuk pertanyaan di atas ['Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?'], jawabannya ada pada Lukas 3:34-38.

Di sini kita harus melihat maksud dari tulisan penulis. Injil Matius menuliskan silsilah Yesus dari garis Yusuf, legal father-Nya. Silsilah-Nya ditulis secara menurun dari bapa Abraham sampai kepada Yusuf. Sedangkan Injil Lukas menuliskan silsilah Yesus dari garis Maria, ibu-Nya dan ditulis naik sampai kepada Adam.

Hal yang berbeda, mengapa Lukas menulis daftarnya lebih lengkap (mulai dari Adam) dibanding Matius adalah karena Injil Matius penulisannya ditujukan kepada orang Yahudi sehingga ia memfokuskan dan memulai silsilah dari Abraham yang dikenal sebagai bapa orang Yahudi.

Nb:
1. * Lukas 3:23,
Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,

Injil Lukas menulis silsilah Yesus dari ibu-Nya, Maria. Namun dalam nas di atas tidak ada menyebutkan nama Maria, melainkan nama Yusuf, suami Maria.

Ini wajar saja, karena nama ayah cenderung digunakan sebagai kepala keluarga. Dan dimaksudkan Yusuf sebagai menantu dari Eli, ayah Maria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar