Minggu, 27 Mei 2012

152. Siapakah yang ingin membunuh Yohanes Pembabtis? Herodes (Matius 14:5) ataukah Herodias? (Markus 6:20)

152. Clear Contradiction!

Siapakah yang ingin membunuh
Yohanes Pembabtis? Herodes (Matius 14:5)
ataukah Herodias? (Markus 6:20)

Tanggapan:
*Matius 14:5, (a)
Herodes ingin membunuhnya, tetapi ia
takut akan orang banyak yang memandang
Yohanes sebagai nabi.

*Markus 6:20, (b)
sebab Herodes segan akan Yohanes
karena ia tahu, bahwa Yohanes adalah orang
yang benar dan suci, jadi ia melindunginya.
Tetapi apabila ia mendengarkan Yohanes,
hatinya selalu terombang-ambing, namun ia
merasa senang juga mendengarkan dia.

Kedua nas yang dipertentangkan di atas adalah saling melengkapi, di mana memang Herodes berniat untuk membunuh Yohanes Pembaptis karena Yohanes pernah menegur ia supaya tidak mengambil isteris Filipus saudaranya (a3,4) namun ia takut atas reaksi orang-orang yang mempercayai kenabian Yohanes. (a5), di samping itu Herodes juga tahu bahwa Yohanes adalah orang yang suci, ia senang akan Yohanes meski hatinya selalu terombang-ambing di kalamendengarkan Yohanes namun ia melindunginya (b20).

Jelas penuduh atas tuduhannya di atas tidak membaca konteksnya secara lengkap,
Kalau saja ia membaca konteksnya secara lengkap, maka ia akan tahu bahwa pada akhirnya Herodes membunuh Yohanes Pembaptis bukan karena keinginannya, melainkan oleh keinginan isterinya.

Ketika Herodes berulangtahun, anak Herodias tampil menari di hadapannya, hal itu disenangi oleh raja sehingga raja berjanji untuk memberikan apa saja yang ia minta ((a7)(b22)).

Kemudian Herodias menghasut anaknya supaya meminta kepala Yohanes Pembaptis ((a8)(b23)), dan sesuai dengan janji Herodes supaya memberikan apa saja yang ia minta maka dengan sedih hati raja menyuruh pengawalnya untuk mengerjakan itu. ((a9)(b26)).

Maka sebenarnya keduanya memang ingin membunuh Yohanes Pembaptis namun Herodes berubah dari sikapnya itu, tetapi Herodias tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar