Rabu, 09 Mei 2012

72. Berapa Umur Yoyakhin

72. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa Umur Yoyakhin
a. 18 tahun (2 Raja 24:8 )
b. 8 tahun (2 Tawarikh 36:9)

Tanggapan:
Beda maksud penulisan

* 2 Raja-raja 24:8, (a)
Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.

* 2 Tawarikh 36:9, (b)
Yoyakhin berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

Menarik untuk dipelajari, bahwa sebenarnya ada kekeliruan Ahmad Deedat dalam memahami kedua konteks di atas. Kuncinya di sini adalah kita harus mengetahui bahwa sebenarnya pemerintahan Yoyakhin pada umur 8 tahun (obsen b) adalah overlap (sama-sama memerintah) dengan ayahnya sendiri, Yoyakim.

Contoh pemerintahan yang overlap lagi adalah antara Ahaziah yang sama-sama pernah memerintah menjadi raja (overlap) bersama ayahnya dan juga saudaranya sendiri. (MK. 71).

Dan juga antara raja Saul dengan raja Daud. Samuel menobatkan Daud sebagai raja atas perintah Tuhan walau saat itu raja Saul masih menjabat sebagai raja (1 Sam. 16). Lalu kemudian Daud dinobatkan lagi menjadi raja pasca meninggalnya raja Saul (2 Sam. 2). Sampai akhirnya raja Daud menjadi raja atas seluruh Israel di Hebron (2 Sam. 5).

Dan mungkin masih ada lagi contoh kerajaan yang overlap di Alkitab maupun sejarah dunia yang lainnya.

Sedangkan untuk Yoyakin sendiri pada umur 8 tahun sebenarnya menggantikan ayahnya yang sementara ditawan dan dibelenggu ke Babel oleh raja Nebukadnezar. Untuk lebih jelasnya kita bisa baca diayat sebelumnya,

* 2 Tawarikh 36:6,
Nebukadnezar, raja Babel, maju melawan dia (Yoyakim), membelenggunya dengan rantai tembaga untuk membawanya ke Babel.

Jadi sang raja (Yoyakim) pada saat naik takhtanya Yoyakhin sebenarnya dalam masa tawanan, sebab telah terjadi pertempuran antara Kerajaan Babel yang kejam dengan Kerajaan Yahudi (2 Raja 24), sehingga jabatan raja dijatuhkan kepada anaknya.

Dan akhirnya Yoyakin resmi menjadi raja tunggal 10 tahun kemudian, yaitu tepat pada sepeninggal ayahnya. Ayahnya mulai menjabat diumur 25 tahun dan 11 tahun lamanya ia memerintah di mana 1 tahun ia sebagai raja tunggal dan 10 tahun ia overlap (sama-sama memerintah) dengan anaknya.

2 komentar: