Rabu, 09 Mei 2012

79. Berapa lamanya Tuhan murka?

79. Clear Contradiction!

Berapa lamanya Tuhan murka?
a. Hanya sesaat (Mazmur 30:6)
b. Lama, 40 tahun (Bilangan 32:13).

Tanggapan:
* Mazmur 30:6, (a)
Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.

* Bilangan 32:13, (b)
Sebab itu bangkitlah murka TUHAN kepada orang Israel, sehingga Ia membuat mereka mengembara di padang gurun empat puluh tahun lamanya, sampai habis mati segenap angkatan yang telah berbuat jahat di mata TUHAN.

Tidak ada yang bertentangan di sini, kalau kita menyadari bahwa waktu Tuhan itu tidak setara dengan waktu Manusia.

Jangka waktu 40 tahun itu memang lama, tapi bisa juga diartikan sesaat. Apalagi dalam jangka waktu 40 tahun itu bani Israel sedang dimurnikan!

"Ungkapan Murka Tuhan hanya sesaat" yang ditulis Raja Daud adalah menggambarkan "Murka Tuhan yang tidak kekal" artinya TUHAN masih mau memberikan waktu dan kesempatan bagi manusia untuk bertobat.

Lagi, ada ungkapan:

* Mazmur 90:4,
"………dihadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari"

* 2 Petrus 3:8,
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Dan perlu kita tahu, bahwa kaidah bahasa yang digunakan pemazmur kuranglebih bermajas metafora, personifikasi, antropamorf, hiperbola dan lain-lain. Kita tidak bisa mengartikannya dengan pemikiran khas anak belia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar