Rabu, 09 Mei 2012

81.c. MATIUS 1:1-17 VS LUKAS 3:23-38.

81. Contradiction Cleared Up! (c)

MATIUS 1:1-17 VS LUKAS 3:23-38.
Dalam Matius, silsilah Yesus TERTULIS: "Yesus adalah anak Yusuf anak Yakub anak Matan anak Eleazar anak Eliud anak Akhim anak Zadok anak Azor anak Elyakim anak Abihud anak Zerubabel anak Sealtiel...", TETAPI dalam Lukas: "Yesus adalah anak Yusuf anak Eli anak Matat anak Lewi anak Malhi anak Yanai anak Yusuf anak Matica anak Amos anak Nahum anak Hesli anak Nagai...". (hampir semuanya berbeda nama orang).

Tanggapan:
Harap baca terlebih dahulu CCU. 81a dan CCU. 81b.

Injil Matius menuliskan silsilah Yesus dari garis Yusuf, legal fathernya. Sedangkan Injil Lukas menuliskan silsilah Yesus dari garis Maria, ibu biologikal-Nya. Walau pun dalam kedua silsilah menyebut nama Yusuf, namun bukankah hal yang wajar dan cenderung untuk nama keluarga diwakili oleh nama ayah?

Yusuf memang anak Eli namun dalam pengertian "mantu" --lihat semua silsilah diwakili oleh nama ayah--.

Sekedar tambahan, raja Saul memanggil Daud dengan sapaan "anak" (1 Samuel 24:16), padahal Daud bukanlah anak kandung raja Saul, melainkan menantunya. Dalam penulisan silsilah Saul, sudah pasti nama Daud-lah yang digunakan sebagai wakil silsilah penerusnya bukan nama Mikhal, isteri Daud, anak kandungnya yang notabene adalah seorang perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar