Minggu, 27 Mei 2012

134. Matius 21:19 mengatakan bahwa pohon yang dikutuk oleh Yesus menjadi kering seketika itu juga, sedangkan Markus 11:20 menyebutkan bahwa itu baru terjadi keesokan harinya?

134. Clear Contradiction!

Matius 21:19 mengatakan bahwa pohon
yang dikutuk oleh Yesus menjadi kering
seketika itu juga, sedangkan Markus 11:20
menyebutkan bahwa itu baru terjadi
keesokan harinya?

Tanggapan:

Tanggapan:
Telah dijelaskan pada CC sebelumnya (CC. 133).
Bahwa Injil Matius terkesan menyusunnya secara topikal, bukan secara kronologis.

Nb:
1. Matius kadang kala menyusun cerita lebih didasarkan pada urutan topik per topik daripada mengurutkan urutan kronologis waktu seperti yang dilakukan oleh Markus dan Lukas.

Misalnya dalam Matius pasal 5-7, mengenai Khotbah di Bukit, sangat jelas bahwa beberapa diantara Khotbah Yesus tersebut terjadi pada saat yang berbeda, seperti halnya kotbah/ ucapan bahagia dalam Lukas 6:20-49. Matius cenderung mengelompokkan isi/materinya menurut tema-tema dalam suatu rangkaian logis. Contoh lainnya, misalnya terdapat dalam Matius pasal 13 mengenai sederetan perumpamaan-perumpamaan tentang Kerajaan Surga, dimana setelah diperkenalkan temanya, Matius lalu cenderung menceritakan perumpamaan tersebut hingga kesudahannya (selesai, satu topik).


Nb:
1. Tentang Yesus mengutuk Pohon Ara: CC. 117

1 komentar:

  1. Sesungguhnya telah diterangkan di dalam Alkitab bahwa tanaman yg tidak menghasilkan buah yg baik maka akan dihabiskan .......
    - "Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yg subur.
    - Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yg baik, tetapi yg dihasilkannya ialah buah anggur yg asam.
    - Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah Aku dan kebun anggur-Ku itu.
    - Apatah lagi yg harus diperbuat untuk kebun angur-Ku itu, yg belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yg baik, mengapa yg dihasilkannya hanya buah anggur yg asam?
    - Maka sekarang, Aku mau memberitahukan kepadamu apa yg hendak Kulakukan kepada kebun anggur-Ku itu: Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis, dan melanda temboknya, sehingga kebun itu diinjak-injak;
    - Aku akan membuatnya ditumbuhi semak-semak, tidak dirantingi dan tidak disiangi, sehingga tumbuh puteri malu dan rumput; Aku akan memerintahkan awan-awan, supaya jangan diturunkannya hujan ke atasnya.
    - Sebab kebun anggur TUHAN semesta alam ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanaman-tanaman kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan, tetapi hanya ada kelaliman, dinanti-Nya kebenaran tetapi hanya ada keonaran." (Yesaya 5:1-7)
    Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya ........ Amin - Puji Allah - Allah Maha Besar

    BalasHapus