Minggu, 27 Mei 2012

150. Apakah semua isi Kitab Suci bermanfaat (2 Timotius 3:16) atau Tidak? (Ibrani 7:18 )

150. Clear Contradiction!

Apakah semua isi Kitab Suci bermanfaat (2 Timotius 3:16) atau Tidak? (Ibrani 7:18 )

Tanggapan:
*2 Timotius 3:16,
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

*Ibrani 7:18-19,
18 Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna,
19 -- sebab hukum Taurat sama sekali tidak membawa kesempurnaan -- tetapi sekarang ditimbulkan pengharapan yang lebih baik, yang mendekatkan kita kepada Allah.

Ada baiknya untuk membaca dulu Tentang Berlakunya Hukum Taurat (episode 99) di sini:
clearcontradiction-hsh.blogspot.com/?m=1

Selesai membacanya, akhirnya kita semua tahu bahwasanya hukum Taurat memang telah berakhir, sebab keselamatan dari hukum Taurat adalah bayangan saja menanti keselamatan yang sesungguhnya:

*Ibrani 10:1,
Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.

Penyelamat yang sesungguhnya adalah Mesias, dan keselamatan-Nya adalah untuk selamanya,

14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

Bukan seperti hukum Taurat yang untuk tiap kali keselamatan harus mengorbankannya itu secara terus menerus.

Namun hukum Taurat itu telah berakhir oleh Kristus (CC. 99). Hukum yang sudah tidak berlaku lagi pastilah dikatakan sudah tidak berguna,

Sebagai bandingan:

*QS. 3:50,
Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mujizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku (Isa).

Alquran juga sepakat bahwa Isa adalah legislatif (pembuat undang-undang), dan melalui nas di atas bagi teman-teman Muslim sendiri pastilah setuju bahwa hukum yang sudah dihilangkan itu tidak berguna lagi untuk dikerjakan, hukum-hukum yang telah dihilangkan itu memang bermanfaat tetapi pada masa pemerintahannya.

Nb:
1. Tentang Perjanjian Baru, telah Allah rencanakan:

*Yeremia 31:31-33,
31 Sesungguhnya, akan datang waktunya,
demikianlah firman TUHAN, Aku akan
mengadakan perjanjian baru dengan kaum
Israel dan kaum Yehuda,
32 bukan seperti perjanjian yang telah
Kuadakan dengan nenek moyang mereka
pada waktu Aku memegang tangan mereka
untuk membawa mereka keluar dari tanah
Mesir; (ket : Ketika Allah pertama kali
mengadakan Perjanjian kepada bangsa Israel
di Gunung Sinai setelah diselamatkan dari
kejaran bangsa Mesir) perjanjian-Ku itu telah
mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan
yang berkuasa atas mereka, demikianlah
firman TUHAN.
33 Tetapi beginilah perjanjian yang
Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu
itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan
menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan
menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku
akan menjadi Allah mereka dan mereka akan
menjadi umat-Ku.

{bdk: Ibrani 10:16-17}

2. Ada 613 isi Taurat, di mana 248 perintah dan 365 larangan. Jumlah perintah yang Tuhan berikan sesuai dengan jumlah tulang manusia (248) dan setiap hari Tuhan melarang umat-Nya untuk melakukan pelanggaran (365). Dan isi Taurat bukan soalan 'kiamat-kiamat' yang sering disalah mengerti oleh teman-teman Slimot, 'tentang kiamat' atau 'hari terakhir' atau 'lenyapnya langit dan bumi' adalah isi kitab para nabi. Karena isi Taurat bukanlah sebuah nubuat, melainkan perintah dan larangan. Bukan tentang masa depan!

3. Mesias adalah nubuat Allah yang pertama dimulai dari jatuhnya manusia ke dalam dosa:

*Kejadian 3:15,
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

Keturunannya (akhirnya Yesus) akan meremukkan kepala ular (kepala adalah bagian terhormati, secara hurufiah berarti mengalahkan total) namun ular (iblis) itu akan meremukkan tumit-Nya (membuat-Nya berdarah).

Suasana kejadian di atas setelah kejatuhan manusia kedalam dosa. Yang kemudian membuat Allah memulai nubuat-Nya, dan nubuat-Nya yang pertama kali adalah tentang Mesias.

1 komentar:

  1. Sesungguhnya Kitab Suci Taurat menjadi pedoman hidup atau petunjuk bagi umat Yahudi/Bani Israel atau umat Musa agar selamat di dunia dan akhirat ....... Dan demikan juga Kitab Suci Injil menjadi pegangan/petunjuk hidup bagi umat Yesus/Isa putera Maryam agar selamat di dunia dan akhirat ........ Sedangkan bagi umat Islam harus berpegang teguh kepada Kitab Suci Alqur'an yg dibawa oleh Nabi Muhammad agar selamat di dunia dan akhirat .......
    Sungguh para nabi/rasul-rasul dengan kitab-kitab suci Allah ini bagaikan terang cahaya bintang di langit pada waktu malam sehingga tetap bisa berjalan dengan tegak tanpa takut tersandung terjatuh .......
    - "Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan apa yg diturunkan kepada mereka dari Tuhan mereka (Alqur'an), niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada umat pertengahan, tetapi kebanyakan mereka amat buruk apa yg mereka kerjakan. (Alqur'an 5:66)
    Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya ...... Amin - Puji Allah - Allah Maha Besar

    BalasHapus