Rabu, 09 Mei 2012

65. Berapa tahun masa kelaparan?

65. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa tahun masa kelaparan?
a. 7 tahun (2 Samuel 24:13)
b. 3 tahun (1 Tawarikh 21:12)

Tanggapan:
* 2 Samuel 24:13, (a)
Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan kepadanya dengan berkata kepadanya: "Akan datangkah menimpa engkau tujuh tahun kelaparan di negerimu? Atau maukah engkau melarikan diri tiga bulan lamanya dari hadapan lawanmu, sedang mereka itu mengejar engkau? Atau, akan adakah tiga hari penyakit sampar di negerimu? Maka sekarang, pikirkanlah dan timbanglah, jawab apa yang harus kusampaikan kepada Yang mengutus aku."

* 1 Tawarikh 21:12, (b)
tiga tahun kelaparan atau tiga bulan lamanya melarikan diri dari hadapan lawanmu, sedang pedang musuhmu menyusul engkau, atau tiga hari pedang TUHAN, yakni penyakit sampar, ada di negeri ini, dan malaikat TUHAN mendatangkan kemusnahan di seluruh daerah orang Israel. Maka sekarang, timbanglah jawab apa yang harus kusampaikan kepada Yang mengutus aku."

Kalimat “Akan datangkah menimpa engkau tujuh tahun kelaparan di negerimu?” (2 Sam. 24:13) adalah kalimat tanya. Sedangkan kalimat “Beginilah firman TUHAN: Haruslah engkau memilih: tiga tahun kelaparan….” adalah kalimat perintah, yaitu perintah untuk memilih.

Perbedaan sederhana ini diabaikan penuduh, sehingga dia mengira dua kalimat tersebut adalah kalimat yang sama dan beda angka.

Kesesatan interpretasi dimulai dari hal sederhana. Dengan melihat kedua bentuk kalimat itu, kita dapat mengetahui bahwa masing-masing kalimat itu adalah kalimat yang berbeda. Kalimat yang satu diucapkan setelah kalimat yang lain. Gabungkan informasi pertama yang dicatat oleh penulis Kitab Tawarikh itu dengan informasi kedua yang dicatat oleh penulis Kitab Samuel.

Bila Daud memilih opsi tiga tahun masa kelaparan (2 Taw), maka total masa kelaparan menjadi tujuh tahun (2 Sam). Itulah sebabnya Tuhan bertanya: “Akan datangkah menimpa engkau tujuh tahun kelaparan di negerimu?” dan memberi perintah untuk memilih “Haruslah engkau memilih”. Ini berarti, sudah terjadi 4 tahun masa kelaparan sebelum Gad menyampaikan firman Allah.

2 Samuel 21:1 menceritakan bahwa telah terjadi masa kelaparan 3 tahun di bawah pemerintahan raja Daud. Peristiwa itu terjadi pada pasal 21, jauh sebelum Gad menyampaikan firman Allah kepada Daud.

* 2 Samuel 21:1,
Dalam zaman Daud terjadilah kelaparan selama tiga tahun berturut-turut, lalu Daud pergi menanyakan petunjuk TUHAN. Berfirmanlah TUHAN: “Pada Saul dan keluarganya melekat hutang darah, karena ia telah membunuh orang-orang Gibeon.”

Dan ditambah selama 9 bulan 20 hari, anak buah Daud melakukan sensus lapangan yang tak dikenan Tuhan. Setelah mereka menjelajah seluruh negeri itu, sampailah mereka kembali ke Yerusalem setelah lewat 9 bulan dan 20 hari (2 Sam. 24:8). Sensus tersebut berlangsung selama 9 bulan 20 hari. Tapi itu hanya sensus lapangan saja, atau hanya tahap implementasi (actuating). Belum termasuk tahap pra-lapangan (perencanaan dan pengorganisasian) dan pasca lapangan (pengolahan data).

Dengan melihat total masa kelaparan berlangsung selama 7 tahun dengan 3 tahun akan terjadi, dan 3 tahun sudah terjadi, maka sensus itu makan waktu selama 1 tahun, terdiri dari 9 bulan 20 hari tahap implementasi, dan 2 bulan lebih sekian hari tahap pra dan paska-lapangan.

Jadi, Kitab Samuel menyebut jumlah tahun kelaparan itu, di mana telah 4 tahun orang Israel menderita kelaparan dan akan bertambah 3 (+4=7) tahun lagi bila Daud memilih opsi itu, berbeda dengan kitab Tawarikh yang justru hanya menyebut hukuman 3 tahun yang akan datang (bukan keseluruhannya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar