Rabu, 09 Mei 2012

69. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?

69. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
a. 2.000 bat air (1 Raja-raja 7:26).
b. 3.000 bat air (2 Tawarikh 4:5).

Tanggapan:
* 1 Raja-raja 7:26, (a)
Tebal 'laut' itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. 'Laut' itu dapat memuat dua ribu bat air.

* 2 Tawarikh 4:5, (b)
Tebal 'laut' itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. 'Laut' itu dapat memuat tiga ribu bat air.

Bat, ukuran isi untuk material cair, 1/10 homer, sebesar ukuran Inggris 8 gallons (±36 liter) dan 3 quarts (± 3 liter) atau total ± 39 liter (sama dengan efa). Besar bat itu berubah-ubah, sedangkan periode penulisan kedua kitab itu tidak sama.

Nilai takaran-takaran bahan cair tergantung pada nilai bat. Ini tidak dapat dipastikan, sebab bejana-bejana bertera yang masih ada dengan tanda tb, bat dan dengan tanda klml tb, bat raja adalah tidak lengkap dan tidak dapat disusun kembali dengan pasti; karena itu nilai bat dihitung dengan berbagai cara, antara 20, 92 dan 46,6 liter. Berdasarkan anggapan bahwa takaran bat adalah separo dari besarnya bat raja, dan bahwa teraan-teraan itu menunjukkan daya muat penuh bejana-bejana itu, maka usul mengenai daya muat 22 liter pada zaman Alkitab dan 21,5 liter pada zaman Helenistik biasanya diterima sebagai dasar untuk penghitungan, sebab usul ini memperoleh sokongan dari perbandingan dengan daya muat laut Salomo, yang menampung ± 45.000 liter.

Targum Yahudi memberi penjelasan bahwa kapasitas laut itu 3.000 bat jika tidak digunakan untuk berendam sedangkan jika digunakan untuk mandi berendam – oleh Salomo – maka hanya diisi 2.000 bat saja. Tidak dapat dibayangkan wadah yang dapat menampung 117.000 liter air!

Perlu diingat, bahwa pada masa itu dunia belum mengenal satuan atau perhitungan internasional, berbeda dengan masa kini yang misalnya dalam perhitungan gaya, nilai untuk g (yaitu gravitasi) secara umum adalah 9.8 m/s (bila nilai g tidak ditulis).

Jadi pada Kitab Tawarikh merujuk pada angka maksimum bath itu dapat diisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar