Rabu, 09 Mei 2012

68. Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?

68. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16)
b. 3.600 mandor (2 Tawarikh 2:2)

Tanggapan:
Kesalahan penyalinan

* 1 Raja-raja 5:16, (a)
LAI TB, belum terhitung para mandur kepala Salomo yang mengepalai pekerjaan itu, yakni tiga ribu tiga ratus orang banyaknya, yang mengawasi rakyat yang mengerjakan pekerjaan itu.
Hebrew, לְבַד מִשָּׂרֵי הַנִּצָּבִים לִשְׁלֹמֹה אֲשֶׁר עַל־ הַמְּלָאכָה שְׁלֹשֶׁת אֲלָפִים וּשְׁלֹשׁ מֵאֹות הָרֹדִים בָּעָם הָעֹשִׂים בַּמְּלָאכָה׃
Translit, LEVAD MISÂRÊY HANITSÂVÏM LISYLOMOH 'ASYER 'AL-HAMELÂ'KHÂH SYELOSYET 'ALÂFÏM USYELOSY MÊ'OT HÂRODÏM BÂ'ÂM HÂ'OSÏM BAMELÂ'KHÂH

* 2 Tawarikh 2:2, (b)
LAI TB, Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu.
Hebrew, וַיִּסְפֹּר שְׁלֹמֹה שִׁבְעִים אֶלֶף אִישׁ סַבָּל וּשְׁמֹונִי  אֶלֶף אִישׁ חֹצֵב בָּהָר וּמְנַצְּחִים עֲלֵיהֶם שְׁלֹשֶׁת אֲלָפִים וְשֵׁשׁ מֵאֹות׃ פ
Translit, VAYISPOR SYELOMOH SYIV'ÏM 'ELEF 'ÏSY SABÂL USYEMONÏM 'ELEF 'ÏSY KHOTSÊV BÂHÂR UMENATSEKHÏM 'ALÊYHEM SYELOSYET 'ALÂFÏM VESYÊSY MÊ'OT

Mari kita bandingkan 1 Raja-raja 5:16 menurut Septuaginta :

5:30 LXX, χωρις αρχοντων των καθεσταμενων επι των εργων των σαλωμων τρεις χιλιαδες και εξακοσιοι επισταται οι ποιουντες τα εργα
Translit, khôris arkhontôn tôn kathestamenôn epi tôn ergôn tôn salômôn treis khiliades kai hexakosioi epistatai hoi poiountes ta erga

Septuaginta menulis εξακοσιοι - hexakosioi, enam ratus, dan bukan tiga ratus sebagaimana ditulis dalam Naskah Masora.

Kesalahan terjemahan

Menurut Jacob Leon dalam bukunya Relation of Memorable Things in Temple menulis bahwa ada 3300 mandor kepala dan 3600 mandor yang keseluruhannya disebut mandor.

Kitab Raja-raja menulis , נצב - NATSAV yakni mandor kepala sedangkan kitab Tawarikh menulis, נצח- NATSAKH diterjemahkan mandor saja.

Ada perbedaan antara NATSAV dengan NATSAKH, yang pertama adalah kata kerja yang artinya berdiri, jadi tugasnya memimpin, dan yang terakhir juga kata kerja yang berarti mengawasi.

Dalam ilmu manajemen NATSAV adalah fungsi organizing sedangkan NATSAKH memiliki fungsi controlling.

Jadi, kedua kitab di atas menjumlah dalam maksud yang berbeda, dimana total keseluruhan mandor adalah 3.300 + 3.600 = 6.900 mandor untuk proyek sebesar ini.

NB:
1. Naskah Septuaginta (Alkitab dalam bahasa Yunani) adalah naskah salinan yang lebih tua dari pada Naskah Masorah (Hebrew). Naskah ini ditulis pada abad 3 BC (before Chist, sebelum Mesias). Terjemahan ini disebut "Septuaginta" yang dalam bahasa Yunani artinya adalah 70 dan sering ditulis sebagai "LXX" karena konon disusun 70 orang Yahudi yang ditugaskan oleh Ptolemaios II Philadelphos (285 - 247 SM), raja Mesir untuk dimasukkan ke Perpustakaan Alexandria (Iskandariyah).

2. Kesalahan Penyalinan senantiasa terjadi, karena pada masa itu penyalinan dilakukan dengan tulis tangan, bukan dengan mesin foto copy atau semacamnya, dan kita tahu bahwa kodrat dan sumber daya manusia itu lemah dan terbatas, apa yang dikerjakan olehnya belum tentu sempurna. Apalagi menulis ke dalam aksara Ibrani. Namun ada banyak salinan sehingga kita dapat mengkajinya satu sama lain.

3. Ngomong-ngomong tentang "Tidak adanya PERTENTANGAN" bukanlah suatu mujizat. Sebab penulis buku saja pandai-pandai dalam menulis cerita mereka yang sejalan dan saya rasa tidak ada penulis (bahkan penulis dagelan pun) yang pernah mengalami kontradiksi atas buku-bukunya.

4. Pada abad 7M ada banyak salinan-salinan Alquran yang saling kontradiktif. Berbeda dengan kita, umat Islam justru memilih satu salinan dan membakar semua naskah yang tidak diterima.

Kebenaran isi Qur'an semakin tersingkirkan, sebab seperti yang kita tahu abad ke-7 itu adalah masa pra-Islam, kemungkinan ajaran untuk menghafal isi Alquran belum ditetapkan pada masa itu. Lalu, bagaimana sehingga satu naskah ini bisa diterima, meng-eliminasi naskah-naskah lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar