Rabu, 09 Mei 2012

38. Berapa yang dibunuh Tuhan?

38. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Berapa yang dibunuh Tuhan?
a. Dalam Alkitab teks kuno Inggris 1 Samuel 6:19 ada 50,070
b. Dalam Alkitab Indonesia 1 Samuel 6:19 ada 70 orang saja

Tanggapan:
Kesalahan Terjemahan

* 1 Samuel 6:19,
LAI TB, Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka dengan dahsyatnya.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, ְךַּיַו יֵׁשְנַאְּב ׁשֶמֶׁש־תיֵב יִּכ ּואָר ןוֹרֲאַּב הָוהְי ְךַּיַו םָעָּב ׁשיִא םיִעְבִׁש םיִּׁשִמֲח ׁשיִא ףֶלֶא ּולְּבַאְתִּיַו םָעָה ־יִּ הָּכִה םָעָּב הָוהְי הָּכַמ ׃הָלוֹדְג
Translit : VAYAKH BEANSYEY VE'IT-SYEMESY KI RAU BAARON YEHOVAH VAYAKH BA'AM {people} SYIVIM {seventy} ISY {man} KHAMISYIM {fifty/ a multiple of fifty (with other numbers) } 'ELEF {thousand} ISY {man} VAYITABLU HA'AM KI-HIKA YEHOVAH BA'AM MAKA GEDOLAH
Jewish Publication Society Tanakh,
And He smote of the men of Beth-shemesh, because they had gazed upon the ark of the LORD, even He smote of the people seventy men, and fifty thousand men; and the people mourned, because the LORD had smitten the people with a great slaughter.

Dan terjemahan paling tepatnya adalah demikian,

* 1 Samuel 6:19,
Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang DARI LIMA PULUH RIBU ORANG. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka dengan dahsyatnya.

Ini sesuai dengan LAI Terjemahan Lama,

LAI TL, Hata, maka dipalu Tuhan akan orang Bait-Semes sebab mereka itu sudah mengintai ke dalam tabut Tuhan, bahkan, dipalu-Nya dari pada mereka itu tujuh puluh orang dari lima puluh ribu orang. Maka pada masa itu merataplah orang banyak, sebab dipalu Tuhan di antara mereka itu dengan palu yang besar.

Lihat translit dalam bahasa aslinya,

BA'AM {orang} SYIVIM {tujuhpuluh} ISY {orang} KHAMISYIM {lima puluh/ a multiple of fifty (with other numbers) } 'ELEF {ribu} ISY {orang}.

Mengapa bisa sampai mengalami kesalahan penerjemahan?

Pada dasarnya kodrat manusia itu lemah. Apa yang manusia lakukan tidak selamanya membuahkan kesempurnaan, tanpa celah sedikit pun. Hal kesalahterjemahan sudah kerap kali terjadi baik itu pada Alkitab mau pun pada Alquran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar