Rabu, 09 Mei 2012

39. Berapa jumlah anak Isai?

39. Contradiction Cleared Up!

Berapa jumlah anak Isai?
a. 7 plus Daud, jadi semuanya ada 8 (1 Samuel 16:10-11, 17:12)
b. Semuanya ada 7 (1 Tawarikh 2:13-15)

Tanggapan:
* 1 Samuel 16:10-11, 17:12, (a)
10 Demikianlah Isai menyuruh ketujuh anaknya lewat di depan Samuel, tetapi Samuel berkata kepada Isai: "Semuanya ini tidak dipilih TUHAN."
11 Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari."
12 Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-laki. Pada zaman Saul orang itu telah tua dan lanjut usianya.

* 1 Tawarikh 2:13-15, (b)
13 Isai memperanakkan Eliab, anak sulungnya, dan Abinadab, anak yang kedua, Simea, anak yang ketiga,
14 Netaneel, anak yang keempat, Radai, anak yang kelima,
15 Ozem, anak yang keenam, dan Daud, anak yang ketujuh;

Jumlah anak Isai memang berjumlah 7, dikatakan berjumlah  8 pada obsen (a) karena menambahi figur  Elihu yang adalah anak Isai tetapi berasal dari lain ibu. Sebagaimana yang tercatat di kitab Midrasi orang Yahudi.

* 1 Tawarikh 27:18,
untuk suku Yehuda ialah Elihu, salah seorang saudara Daud; untuk suku Isakhar ialah Omri bin Mikhael;

Urut-urutan nama ke-8 putra Isai adalah sebagai berikut:

1. באילא - 'ELÏ'ÂV, Eliab
2. בדניבא - 'AVÏNÂDÂV, Abinadab
3. אעמש - SYIME'Â', Simea
4. לאנתנ - NETANE'ÊL, Netaneel
5. ידר - RADAY, Radai
6. םצא - 'OTSEM, Ozem
7. והילא - 'ELÏHÛ, Elihu (1 Tawarikh 27:18, Midrasy)
8. דוד - DÂVÏD, Daud

Nb:
1. Apa itu Midrasi?

Midrasi itu adalah semacam kumpulan buku sejarah dan penjelasan isi Alkitab/Tanakh, sama seperti Talmud. Yang ditulis oleh nenek-moyang Israel pada masa itu.

2. Anak perempuan juga biasanya tidak dimasukkan dalam jumlah keturunan (bandingkan dengan Dina, putri Yakub dan anak perempuan Isai, 2 Taw. 2:16)

3. Elihu (saudara lain Daud) lebih tua daripada Daud, sehingga dalam 1 Samuel 16:18, Daud dikatakan sebagai anak bungsu dan Elihu adalah anak ketujuh

4. Sekarang jatuhlah pangkat kerajaan itu kepada suku Yehuda, sesuai dengan nubuat Yakub (Kej. 49:10)!

Sumber:
- www.sarapanpagi.org
- Geschiedenis der Gods openbaring p.491, Dr. F. L. Bakker

1 komentar:

  1. Daud secara riil adalah anak ketujuh (1 Tawarikh 2:13-15). Tetapi secara lambang, Daud adalah anak kedelapan (1 Samuel 16:10-11), itulah sebabnya di dalam 1 Samuel tidak semua disebutkan nama-namanya, hanya Eliab, Abinadab, Syama, dan Daud. Lambang dari apa ? Lambang dari Daud yang bersatu dengan Allah, bersatu dalam hayat dan sifat Allah, tetapi bukan dalam ke-Allah-an. Secara alamiah, Daud tidak diperkenan Tuhan. Tetapi setelah Daud bersatu dengan Allah, maka Allah berkenan kepadanya. Barulah Daud mampu melaksanakan kehendak Allah. Dia menjadi anak yang kedelapan, lambang dari Daud bersatu dengan Allah. Dalam membaca Alkitab, perlu wahyu dari Allah, kita tidak bisa membacanya secara hitam di atas putih.

    Amin, mulia bagi Tuhan, Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus