Rabu, 09 Mei 2012

40. Kenalkah Saul dengan Daud ketika

40. MEMBERSIHKAN KONTRAKDISI!

Kenalkah Saul dengan Daud ketika Daud melawan Goliat?
a. Sangat kenal (1 Samuel 16:19-23)
b. Tidak kenal sama sekali (1 Samuel 17:55-58)

Tanggapan:
Saul tidak mengenal BETUL keluarga Daud. Daud dipanggil atas informasi dari hamba Saul untuk menemukan orang yang pandai bermain kecapi,

* 1 Samuel 16, (a)
17 Berkatalah Saul kepada hamba-hambanya itu: "Carilah bagiku seorang yang dapat main kecapi dengan baik, dan bawalah dia kepadaku."
18 Lalu jawab salah seorang hamba itu, katanya: "Sesungguhnya, aku telah melihat salah seorang anak laki-laki Isai, orang Betlehem itu, yang pandai main kecapi. Ia seorang pahlawan yang gagah perkasa, seorang prajurit, yang pandai bicara, elok perawakannya; dan TUHAN menyertai dia."

Daud memang telah di perkenalkan kepada raja Saul (1 Sam. 16:18), tetapi harus diperhatikan bahwa sebelum perangnya dengan Goliath, Daud hanya mempertunjukkan kecakapan seninya kepada Saul, kemudian Daud diperkenankan pulang ke Bethlehem. Dan adalah sangat wajar, jika raja Saul melihat Daud dari sudut yang baru dan ingin mengetahui latar belakang Daud (Daud anak siapa?, dan sejumlah pertanyaan lainnya).

Lagian, yang Saul tanyakan adalah 'Daud anak siapa?', bukan 'Siapa orang itu?', makna kedua pertanyaan di atas jelas berbeda!

* 1 Samuel 17, (b)
55 Ketika Saul melihat Daud pergi menemui orang Filistin itu, berkatalah ia kepada Abner, panglima tentaranya: "Anak siapakah orang muda itu, Abner?" Jawab Abner: "Demi tuanku hidup, ya raja, sesungguhnya aku tidak tahu."
56 Kemudian raja berkata: "Tanyakanlah, anak siapakah orang muda itu."
57 Ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, maka Abner memanggilnya dan membawanya menghadap Saul, sedang kepala orang Filistin itu masih ada di tangannya.
58 Kata Saul kepadanya: "Anak siapakah engkau, ya orang muda?" Jawab Daud: "Anak hamba tuanku, Isai, orang Betlehem itu."

Saul tidak mengenal betul Daud (tetapi dia kenal Daud, setidaknya mukanya dia sudah tahu sebagai orang yang pernah memainkan kecapi di hadapannya), tetapi ia tidak mengenal siapa bapak Daud. Pemanggilan Daud dan penundaan kepulangannya pastinya melalui perantara saja (melalui hamba-hamba Saul). Jadi pada obsen b, Saul hanya berniat menanyakan latar belakang Daud, dan itu wajar!

Raja Saul sengaja menanyakan demikian (Daud anak siapa?) untuk menjalankan kebijaksanaan baku yang dikemukakan dalam;

* 1 Samuel 14:52,
Dan semua pahlawan dan orang gagah perkasa, yang dilihat Saul, dikumpulkannya kepadanya".

Artinya, Saul berniat membentuk suatu regu pengawal pilihan dari antara prajurit yang tangguh, edan, cakap dan dia melihat dalam diri Daud jalan yang menjanjikan untuk mendapatkan lebih banyak lagi tentara yang seperti dia. Karena sempat saja di rumah Daud masih ada yang seperti Daud! Haleluya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar