Rabu, 09 Mei 2012

48. Adakah Michal mempunyai anak?

48. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Adakah Michal mempunyai anak?
a. Tidak punya (2 Samuel 6:23)
b. Punya 5 anak lelaki (2 Samuel 21:8)

Tanggapan:
Kedua ayat yang dimaksud penuduh menyebut dua orang yang berbeda, dimana obsen (a) menyebut Michal dan obsen (b) menyebut Merab, kakak dari Michal.

* 2 Samuel 21:8, (b)
Lalu raja mengambil kedua anak laki-laki Rizpa binti Aya, yang dilahirkannya bagi Saul, yakni Armoni dan Mefiboset, dan kelima anak laki-laki MERAB binti Saul, yang dilahirkannya bagi Adriel bin Barzilai, orang Mehola itu.

Terlihat jelas obsen (b) di atas tidak ada mengatakan Michal, isteri Daud. Yang ada adalah Merab, isteri Adriel. Kemudian, di obsen (a) itulah mengatakan Michal, isteri Daud,

* 2 Samuel 6:23, (a)
Mikhal binti Saul tidak mendapat anak sampai hari matinya.

Saya kurang tahu, alasan hingga penuduh menyebut kedua ayat di atas bertentangan, atau hanya supaya kelihatan ada banyak pertentangan di Alkitab sehingga rela mengedarkan sedikit kebohongan?

NB:
1. Di ceritakan, Saul memiliki dua anak perempuan,

* 1 Samuel 14:49,
Anak-anak lelaki Saul ialah Yonatan, Yiswi dan Malkisua. Nama kedua anaknya yang perempuan: yang tertua bernama Merab, yang termuda bernama Mikhal.

2. Merab (yang lebih tua) menikah dengan Adriel,

* 1 Samuel 18:19,
Tetapi ketika tiba waktunya untuk memberikan Merab, anak Saul itu, kepada Daud, maka anak perempuan itu diberikan kepada Adriel, orang Mehola, menjadi isterinya.

Dan melahirkan 5 orang anak bagi Adriel (bdk. 2 Samuel 21:8).

3. Mikhal menikah dengan Daud,

* 1 Samuel 18:27,
tetapi Daud sudah bersiap, ia pergi dengan orang-orangnya dan menewaskan dari orang Filistin itu dua ratus orang serta membawa kulit khatan mereka; dan dalam jumlah yang genap diberikan merekalah semuanya itu kepada raja, supaya Daud menjadi menantu raja. Kemudian Saul memberikan Mikhal, anaknya, kepadanya menjadi isterinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar