Rabu, 09 Mei 2012

50. Siapa dan anak siapa yang diutus untuk mengucapkan selamat kepada Daud?

50. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Siapa dan anak siapa yang diutus untuk mengucapkan selamat kepada Daud?
a. Yoram anak Toi (2 Samuel 8:10)
b. Hadoram anak Tou (1 Tawarikh 18:9-10)

Tanggapan:
Kegandaan nama

* 2 Samuel 8:10, (a)
maka Tou mengutus Yoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Yoram membawa barang-barang perak, emas dan tembaga.

* 1 Tawarikh 18, (b)
9 Ketika didengar Tou, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer, raja Zoba,
10 maka ia mengutus Hadoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Hadoram membawa pelbagai barang-barang emas, perak dan tembaga.

Pembahasannya sama dengan MK. 44 (Daniel = Kileab), bahwa kedua nama yang dianggap bertentangan di atas adalah menyebut orang yang sama, dalam hal ini satu orang ini memiliki dua nama.

Memiliki 2 nama adalah hal yang tidak asing lagi untuk orang Israel, seperti,

"Ruben adalah anak Israel,"

"Ruben adalah anak Yakub,"

Nah, apakah itu bertentangan?

NB:
1. Nama Hadoram di samping nama anak Tou atau Toi juga merupakan nama keturunan Yoktan yang ke-5 (Kej. 10:27) dan kepala rodi di era Rehabeam (2 Taw. 10:18). Perhatikan bahwa Hadoram sang kepala rodi inipun dipanggil dengan Adoniram (1 Raja 4:6) dan Adoram (1 Raja 12:18).

2. Orang-orang Israel memiliki nama alias bukanlah barang baru. Yakub disebut Israel, abangnya Esau juga dikenal sebagai Edom, Benyamin dipanggil juga Ben-Oni, Naomi mertua Rut menamakan dirinya juga sebagai Mara. Di Indonesia pun kita kenal nama-nama ganda seperti misalnya Tommy alias Hutomo Mandala Putra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar