Rabu, 09 Mei 2012

56. Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?

56. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?
a. Sobakh (2 Samuel 10:18)
b. Sofakh (1 Tawarikh 19:18)

Tanggapan:
Kegandaan nama

* 1 Samuel 10:18, (a)
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram it tujuh ratus ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berkuda. Sobakh, panglima tentara mereka, dilukainya sedemikian, hingga ia mati di sana.

* 1 Tawarikh 19:18, (b)
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu tujuh ribu ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berjalan kaki; juga Sofakh, panglima tentara itu, dibunuhnya.

Mengenai nama Sobakh dan Sofakh ini dapat diberikan ilustrasi sederhana yaitu bagaimana mengucapkan "seven" alias tujuh menurut lidah orang Indonesia.

Ternyata kata "seven" ini diucapkan beraneka ragam: "seben, sefen, sepen, seven, dan sewen", demikian pula halnya dengan nama SOBAKH dan SOFAKH.

Bandingkan pula bagaimana nama "Ahmad" ditulis beragam: "Achmad, Akhmad, Achmed", dan lain-lain.

NB:
1. Orang-orang Israel memiliki nama alias bukanlah barang baru. Yakub disebut Israel, abangnya Esau juga dikenal sebagai Edom, Benyamin dipanggil juga Ben-Oni, Naomi mertua Rut menamakan dirinya juga sebagai Mara. Di Indonesia pun kita kenal nama-nama ganda seperti misalnya Tommy alias Hutomo Mandala Putra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar