Rabu, 09 Mei 2012

57. Siapakah nama ibu dari Raja Abia?

57. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Siapakah nama ibu dari Raja Abia?
a. Maakha, putri Absalom? (2 Samuel 13:27, 2 Tawarikh 11:20)
b. Mikhaya, anak Uriel dari Gibea (2 Tawarikh 13:2)

Tanggapan:
Kegandaan nama

* 2 Tawarikh 11:20, (a)
Sesudah Mahalat ia mengambi Maakha, anak Absalom, menjadi isterinya, yang melahirkan baginya Abia, Atai, Ziza dan Selomit.

* 2 Tawarikh 13:2, (b)
Tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Mikhaya, anak Uriel dari Gibea. Dan ada perang antara Abia dan Yerobeam.

* 1 Raja-raja 15:2, (+c)
Tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Maakha, anak Abisalom.

Tidak ada yang bertentangan di sini, karena Mikhaya adalah nama lain dari Maakha (atau sebaliknya). Penjelasannya sama dengan MK. 44 dan MK. 50.

Memiliki 2 nama adalah hal yang tidak asing lagi untuk orang Israel, seperti,

"Ruben adalah anak Israel,"

"Ruben adalah anak Yakub,"

Nah, apakah itu bertentangan?

NB:
1. Orang-orang Israel memiliki nama alias bukanlah barang baru. Yakub disebut Israel, abangnya Esau juga dikenal sebagai Edom, Benyamin dipanggil juga Ben-Oni, Naomi mertua Rut menamakan dirinya juga sebagai Mara. Di Indonesia pun kita kenal nama-nama ganda seperti ini misalnya Tommy alias Hutomo Mandala Putra.

2. Abia atau Abiyam adalah raja keempat dari garis keturunan Daud dan raja kedua dari keturunan Yehuda.

3. Maakha atau Mikhaya adalah anak perempuan dari Uriel, dan dapat diperkirakan bahwa Uriel menikah dengan Tamar, karena satu-satunya putri Absalom.

4. Absalom atau Abisalom adalah nama yang sama. Dikatakan bahwa Maakha putri Absalom dalam obsen a dan c, karena lebih mudah untuk menyebut nama kakeknya yang lebih terkenal (keturunan raja) dibandingkan dengan nama ayahnya. Sama seperti Yesus disebut juga sebagai anak Daud, padahal jaraknya sangat jauh.

5. Kata Ibrani תב - BAT (a dan c), yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti "anak perempuan dari". Walaupun sering digunakan untuk menunjuk keturunan pertama dari anak perempuan, ini juga dapat digunakan untuk menunjuk keturunan/kerabat yang jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar