Rabu, 09 Mei 2012

61. Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?

61. MEMBERSIHKAN KONTRADIKSI!

Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang?
a. 800 orang (2 Samuel 23:8)
b. 300 orang (1 Tawarikh 11:11)

Tanggapan:
Kesalahan Terjemahan

* 2 Samuel 23:8, (a)
LAI TB, Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

Hebrew, הֶּלֵא תוֹמְׁש םיִרֹּבִּגַה דִוָדְל רֶׁשֲא בֵׁשֹי תֶבֶּׁשַּב יִנֹמְּכְחַּת ׀ ׁשאֹר יִׁשִלָּׁשַה אּוה וֹניִדֲע וֹנְצֶעָה הֶנֹמְׁש־לַע תוֹאֵמ לָלָח םַעַפְּב דָחֶא

Translit, 'ÊLEH SYEMOT HAGIBORÏM 'ASYER LEDÂVID YOSYÊV BASYEVET TAKHKEMONÏ RO'SY HASYÂLISYÏ HU' 'ADÏNO HÂ'ETSNO 'AL-SYEMONEH MÊ'OT KHÂLÂL BEFA'AM 'EKHÂD

* 1 Tawarikh 11:11, (b)
LAI TB, Inilah daftar para pahlawan yang mengiringi Daud: Yasobam bin Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

Hebrew, הֶּלֵאְו רַּפְסִמ םיִרֹּבִּגַה רֶׁשֲא דיִוָדְל םָעְבָׁשָי ־ןֶּב יִנוֹמְכַח ׁשאֹר םיִׁשוֹלְּׁשַה רֵרוֹע־אּוה וֹתיִנֲח־תֶא ־לַע ־ׁשֹלְׁש תוֹאֵמ לָלָח םַעַפְּב ׃תָחֶא

Translit, VE'ÊLEH MISPAR HAGIBORÏM 'ASYER LEDÂVÏD YÂSYÂV'ÂM BEN-KHAKHMONÏ RO'SY HASYELOSYÏM HU'-'ORÊR 'ET-KHANÏTO 'AL-SYELOSY-MÊ'OT KHÂLÂL BEFA'AM 'EKHÂT

Dalam obsen (b) terdapat frasa HU'-'ORÊR 'ET-KHANÏTO -ֲח־תֶא רֵרוֹע atau dalam bahasa Indonesianya, berarti "mengayunkan tombaknya". Berbeda dengan Kitab Samuel yang sama sekali tidak memiliki frasa/kalimat tersebut. Jadi ada kesalahan terjemahan di sini di mana seharusnya tidak ada kata "mengayunkan tombaknya" pada Kitab Samuel, seharusnya Kitab Samuel di atas diterjemahkan seperti ini,

* 2 Samuel 23:8, (a)
HSH, Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

Silahkan coba cek secara alternatif menggunakan Google Terjemahan, dan Anda akan menerima terjemahannya sebagai berikut,

* 2 Samuel 23:8, (a)
Inilah nama orang-orang yang duduk Sabtu Thchmani David | Kepala lembut Hatzno ketiga adalah - delapan ratus ruang waktu.

* 1 Tawarikh 11:11, (b)
Dan orang-orang sedikit yang Isbam David Ben - Hachmon Perdana tiga puluhan adalah - diprovokasi - tombak - tiga - Ratusan ruang pada satu waktu:

Terjemahan belepotan di atas sama sekali tidak saya otak-atik. Itu murni dari Google Terjemahan. Meski belepotan, namun sesuai tujuan kita mengetahui betul bahwa tidak ada kata "tombak" dalam obsen (a), sebaliknya dalam obsen (b) ada!

Kesimpulan saya dari apa yang kedua penulis ini tuliskan bahwa terjumlah ada 800 yang tertikam mati (a), dan dari 800 orang itu ada 300 orang yang tewas akibat tombak (b), sedangkan 500 orang sisanya tidak dituliskan dengan apa mereka dibunuh.

NB
1. Perlu diketahui, bahwa kedua kitab yang dimaksud penuduh dituliskan oleh dua orang yang berbeda, dimana Kitab Samuel ditulis oleh Nabi Samuel dan Kitab Tawarikh ditulis oleh Nabi Ezra (550 tahun setelah Kitab Samuel). Paling tidak kedua orang ini punya cara tersendiri dalam menceritakan kejadian-kejadian. Ibarat para wartawan yang memberitakan laporan-laporan dari cara mereka masing-masing.

2. Kesamaan cerita yang terdapat antara kitab satu dengan kitab lain bukan dengan cara jiplak menjiplak. Karena penulis menuliskannya sesuai dengan gaya bahasa mereka masing-masing, dan bagaimana cara mereka menyampaikan. Penulis mendapat pengilhaman Roh Kudus, bukan didikte oleh Roh Kudus.

Jadi persamaan cerita ini bukan berarti pada saat Ezra menulis Kitab Tawarikh sembari melihat (menyalin) isi kitab Samuel. Melainkan Ezra bercerita sesuai dengan pengetahuan dan ilhaman dari Roh Kudus.

3. Ada juga tulisan antara kitab yang satu dengan kitab yang lain yang dalam satu judul menuliskan ceritanya sama persis dengan kitab sebelumnya. Tetapi ini hanya beberapa saja, tidak semua. Yang mungkin hanya kebetulan dihafal oleh penulis sendiri.

4. Sama seperti sebuah berita di pertelevisian, koran, majalah dan lain-lain, meski masing-masing menceritakan hal yang sama namun kadangkala ada sistim saling melengkapi dan bukan bertentangan, dalam hal ini ada sumber yang kurang lengkap dan ada juga yang kebalikannya, ada juga sumber yang satu sama lain saling melengkapi seperti kasus kali ini.

5. Untuk memahami Bagaimana Alkitab ditulis, klik di sini.

1 komentar:

  1. Jadi kesimpulannya ia membunuh 800 orang musuh dengan keterangan 300 orang terbunuh dengan tombak sedangkan yg 500 juga terbunuh tapi tidak ada keterangan karena apa ?

    BalasHapus